Dokter Reisa Bukan Lagi Jubir Update Harian Covid-19

SYAKHRUDDIN.COM, JAKARTA – Dokter Reisa Kartikasari Broto Asmoro tak lagi ikut memberi keterangan dalam dalam update harian penanganan Covid-19 yang biasa dilakukan secara langsung di akun Youtube BNPB. Reisa sebelumnya ditunjuk menjadi tim komunikasi publik Gugus Tugas Covid-19 pada Juni lalu.

Pantauan CNNIndonesia.com, update kasus Covid 19 hari ini hanya dilakukan oleh Wiku Adisasmito. Ia baru ditunjuk sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menggantikan Yurianto.

Seiring pergantian Yuri, Reisa pun kini tak lagi tampak berbicara mengenai kasus Covid. Biasanya, sebelum Yuri membeberkan informasi, Reisa terlebih dahulu membagikan informasi tentang edukasi kesehatan kepada publik. Namun kini, seluruh tugas informasi dilakukan oleh Wiku sendiri.

Dilansir dilaman CNN, “Saya mewakili Satgas Covid-19, menyampaikan perkembangan terkini. Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden tentang Komite Covid-19 dan pemulihan nasional, bahwa Perpres ini ditujukan untuk menguatkan organisasi manajemen covid-19,” kata Wiku dalam Akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (21/7).

Sementara itu, jumlah kasus harian yang biasanya diumumkan oleh Yuri pun tak lagi diumumkan. Kata Wiku, jumlah kasus bisa dilihat langsung di kanal Youtube resmi pemerintah.

“Selain itu terjadi perubahan pengumuman kasus harian yang sebelumnya diumumkan Yurianto, selanjutnya update kasus harian bisa langsung lihat di www.covid19.go.id,” tutup dia.

Dokter Reisa selama ini dikenal sebagai dokter sekaligus selebriti. Ia merupakan finalis Puteri Indonesia tahun 2010. Sebelum ada Reisa, selama ini Yurianto selalu tampil sendirian saat memberikan informasi soal kasus corona di Indonesia.

Diketahui, perubahan juru bicara ini juga dilakukan menyusul keluarnya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa Komite Penanganan Covid terdiri dari Komite Kebijakan yang menetapkan program dan kebijakan, Ketua Pelaksana yang mengintegrasikan pelaksanaan kebijakan, dan Satuan Tugas yang melaksanakan dan mengendalikan implementasi di lapangan.

Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sendiri diemban oleh Airlangga Hartarto. Airlangga akan dibantu oleh enam Wakil Ketua yang terdiri dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menkes Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian.

Lainnya, Menteri BUMN akan menjadi Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Erick Thohir akan mengkoordinasikan Satgas Penanganan Covid-19 yang dikomandoi Doni Monardo dan Satgas Pemulihan Ekonomi yang diketuai Budi Gunadi (sumbercnnjakarta)

 

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.