Tiga hari lagi, pemenang sayembara ibu kota baru sudah diketahui pemenangnya

SYAKHRUDDIN.COM, JAKARTA – Ketua Tim Panitia Pelaksana Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Negata (IKN), Danis H. Sumadilaga mengatakan, para pemenang lomba desain akan diajak oleh dewan juri ke lokasi ibu kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Danis menyebut yang diajak langsung meninjau lokasi IKN adalah pemenang pertama, kedua, dan ketiga. Desain para peserta juga akan menjadi hak cipta pemerintah.

“Jadi secara prinsip pemenang 1,2,3 itu copyright menjadi milik pemerintah. Direncanakan ketiga kelompok peserta itu akan ke lokasi dengan dewan juri dan sebagainya untuk mengembangkan suatu ide atau gagasan yang lebih meningkatkan desain dari IKN,” kata Danis di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (20/12/2019).


Meninjau lokasi IKN juga atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para pemenang bisa mendetailkan lagi gagasan atau konsep IKN sesuai dengan harapan pemerintah. Bahkan, dikatakan Danis nantinya ketiga pemenang akan berkolaborasi.

“Tadi diharapkan ada kolaborasi antara 1,2,3 dan di antaranya untuk memperkuat sense dari desain tersebut,” jelasnya.

Pemerintah sudah menetapkan lima desain terbaik dan akan diumumkan tanggal 23/12/2019. Sebanyak lima desain terbaik ini dipilih dari 292 karya. Pengumuman pemenang akan digelar di Kementerian PUPR.

Sebelumnya, pendaftaran sayembara dibuka sejak besok, 3/10/2019 sampai dengan 18/10/2019. Setelah itu akan ada pemberian penjelasan, dan peserta bisa mulai memasukkan karya per 18-29 November 2019.


Penjurian dimulai pada 9 hingga 13/09/2019. Pemenang akan ditetapkan pada 23/12/2019, di mana pemberian hadiah dilakukan pada 27/12/2019.

Ada 13 dewan juri yang disiapkan untuk memilih pemenang sayembara, termasuk seniman nasional Nyoman Nuarta.
Akan ada 5 pemenang yang dipilih, dan disiapkan hadiah uang tunai serta piagam penghargaan. Hadiah uang tunai mulai dari Rp 250 juta untuk harapan I dan Rp 2 miliar untuk pemenang pertama.

Adapun visi lbu Kota Negara Republik Indonesia merepresentasikan kemajuan bangsa yang unggul dan katalis peningkatan peradaban manusia Indonesia.

Desain IKN yang baru harus memenuhi tiga kriteria umum, yaitu mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan. sosial, dan ekonomi, serta mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

Sayembara desain ibu kota negara (IKN) baru yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan segera berakhir. Pemerintah sepakat untuk mengumumkan pemenang sayembara pada 23/12/ 2019.

Ketua Tim Panitia Pelaksana Sayembara Gagasan Desain IKN, Danis H. Sumadilaga mengatakan sudah ada lima desain terbaik dari 755 peserta yang daftar. Kemudian di tahap akhir dipilih 5 karya terbaik.

“Kita memulai dari jumlah peserta 755, kemudian yang memasukkan 292 karya, dan yang dinilai 257 karya dengan penilaian tahap I sebanyak 30 karya, dan tahap II akhirnya ada 5 karya terbaik yang hari ini diundang mempresentasikan konsep serta kejelasan lainnya langsung di depan Bapak Presiden dan para menteri, dan dewan juri untuk menyampaikan gagasan-gagasannya,” kata Danis di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (20/12/2019).

Kelima peserta dengan desain terbaik langsung mempresentasikan konsepmya di depan Presiden Jokowi. Menurut Danis, presentasi seluruh peserta berjalan kurang lebih dua jam di kantor Presiden, Jakarta Pusat (berbagai sumber)


syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.