Pasar Cidu terbakar, Damkar berhasil kendalikan api sebelum menjalar

Para petugas pemadam kebakaran kembali ke Markasnya di Jalan Dr Ratulangi pukul 01.25 dini hari setelah menyelesaikan tugas memadamkan kebakaran di jalan Cakalang II Makassar.

Kebakaran terjadi di kawasan Pasar Cidu, Jalan Yos Sudarso I, Kelurahan Tabaringan, Makassar, Sulsel.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 22.00 Wita, Selasa (17/12/2019), di salah satu rumah warga. Api dengan cepat menyebar karena rumah-rumah saling berdempetan dan berbahan material kayu.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar berhasil memadamkan si jago merah, dengan menyemprotkan air dari berbagai sisi, yakni dari Jalan Yos Sudarso, Jalan Cakalang II, dan Jalan Tinumbu. Mobil suplai air hilir mudik menuju lokasi kebakaran.

Akibat kebakaran ini, para pedagang Pasar Cidu, mengungsikan barang-barang dagangannya ke tempat yang aman. Di sekitar lokasi kebakaran juga ratusan warga ikut menonton kebakaran dari jarak dekat, yang membuat armada Damkar susah menembus gang kawasan Pasar Cidu.

Kebakaran di kawasan Pasar Cidu sudah terjadi beberapa kali dalam 5 tahun terakhir. Kebakaran pertama terjadi pada 27/12/2014, yang menghanguskan rumah dan toko milik pedagang Pasar Cidu.

Bila kembali membuka file kebakaran di pasar Cidu Makassar, ketika kebakaran tahun 2014 menghanguskan 23 buah rumah penduduk di Jalan Yos Sudarso I Kelurahan Parang Layang, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar.

Kala itu, Sekitar 23 buah rumah hangus terbakar, dengan rincian 35 Kepala Keluarga dan 157 jiwa kehilangan tempat berteduh termasuk   10 pedagang kehilangan tempat berjualan, ” ungkap Mardiah anggota Tagana yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Api yang dengan cepat menjalar, ditambah dengan angin bertiup kencang mengakibatkan warga berlarian untuk menyelamatkan harta benda, sementara belasan armada dari Unit Mobil Pemadam Kebakaran dari Dinas Damkar Makassar meraung-raung menuju ke tempat kejadian peristiwa.

Tim Reaksi Cepat Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Dinas Sosial Kota Makassar, segera membangun Dapur Umum Lapangan (Dumlap) untuk melayani korban kebakaran bersama sejumlah calon anggota legislatif terlihat  di lokasi peristiwa pada kesempatan pertama.

Dalam insiden kebakaran di Pasar Cidu Makassar, dua orang Petugas Pemadam Kebakaran masing-masing Abdul Rahman dan Ariko mengalami musibah.

 Ariko terjatuh dari atap rumah saat melakukan penyemprotan ke sumber api, sementara rekannya Abd. Rahman dilarikan ke Rumah Sakit karena sesak nafas karena asap tebal (syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.