Zakiah Aini Dikenal Sebagai Sosok yang Sangat Tertutup

SYAKHRUDDIN.COM – Perempuan berinisial Zakiah Aini (25 tahun) ditembak mati oleh aparat karena menyerang Markas Besar Polri di Jakarta Selatan menggunakan senjata api, Rabu (31/3/21) sore. Zakiah Aini dikenal sebagai sosok tertutup dan tidak pernah bersosialisasi di lingkungan rumahnya.

Dilansir dilaman Republica.CO.ID, Zakiah Aini beralamat di RT 03 RW 10, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur. Ketua RT setempat, Kasdi, mengatakan, Zakiah Aini adalah sosok yang sangat tertutup dan pendiam.

“Keluarganya sendiri saja jarang ngobrol sama pelaku itu. Tertutup deh,” kata Kasdi kepada wartawan, Kamis (1/4/21).

Kasdi mengaku, dia sangat jarang melihat Zakiah Aini. Padahal rumahnya dengan kediaman Zakiah Aini hanya berjarak sekitar 100 meter. Orang tuanya diketahui juga sudah menetap di sana sejak 40 tahun silam.

Menurut Kasdi, bukan hanya dia yang jarang melihat Zakiah Aini, tapi juga tetangganya yang lain. “Kita para tetangga juga tidak pernah melihat dia main-main keluar rumah dengan tetangga. Sudah mengucilkan diri saja di dalam rumah,” kata dia.

Tetangga lain, Bambang Sumarjono, mengatakan, Zakiah Aini memang tertutup. Jarang sekali keluar rumah.

“Ya paling lihat dia kalau dia keluar bawa motor ke mana. Tapi itu juga jarang,” kata Bambang.

Kasdi melanjutkan, Zakiah Aini yang merupakan anak bungsu dari enam bersaudara itu memang terlihat pendiam sejak SMP. Sosok yang lebih banyak berdiam diri di kamarnya. Kesehariannya, membantu-bantu membersihkan rumah. Dia juga tidak pernah didatangi temannya ke rumah.

“Kayaknya dia tidak punya teman kalau saya bilang. Orang dia tidak pernah mencari teman,” ungkap Kasdi.

Zakiah Aini amat berkebalikan dengan lima saudaranya dan orang tuanya yang aktif bersosialisasi dengan masyarakat. Ibunya , lanjut Kasdi, aktif di Posyandu.

Sedangkan bapaknya sering ke mushola dan mengobrol dengan warga. Begitu pula kakak-kakak Zakiah Aini yang dikenal terbuka dan mau bersosialisasi.

“Ayah ibunya aktif. Zakiah Aini doang yang diam di kamar saja. Kalau keluar itu paling sampai teras, berapa menit, balik lagi ke kamar,” ujar Kasdi.

Bahkan, lanjut Kasdi, tak pernah terlibat acara perayaan 17 Agustus di wilayah setempat. “Padahal kan umurnya 25-26 tahun. Harusnya bergaul. Ketemu sama laki-laki, dia mah nggak. Ngumpet aja di kamar,” tutur Kasdi.

Zakiah Aini menerobos masuk ke Mabes Polri dan menodongkan senjata ke polisi di sana, Rabu pukul 16.30 WIB. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Pelaku adalah lone wolf (bergerak sendiri).

Lone wolf merujuk pada kajian keamanan dan terorisme global sebagai pelaku teror yang bergerak sendiri. “Dari hasil profilling terhadap yang bersangkutan, maka yang bersangkutan adalah pelaku lone wolf berideologi radikal ISIS yang dibuktikan dengan postingan yang bersangkutan di media sosial,” kata Listyo, kemarin.

Dilansir Kompas, Perempuan muda itu berhasil masuk ke kompleks Mabes Polri yang dijaga sangat ketat, lalu menyerang para polisi dengan senjata api. Setelah enam kali menembak ke berbagai arah di dekat pos penjagaan depan Mabes Polri, Zakiah tewas ditembak polisi.

Tak butuh lama bagi polisi mengetahui siapa pelaku. Setelah mengecek identitas yang ditemukan dan mencocokkan dengan data sidik jari, polisi memastikan pelaku adalah Zakiah Aini.

Siapa Zakiah Aini? Kepala Polri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, setelah memastikan identitas, pihaknya langsung melakukan penelusuran profil pelaku.

Hasil penyelidikan sementara, Zakiah Aini dikategorikan sebagai lone wolf atau pelaku yang bergerak sendiri.

Zakiah diketahui berideologi kelompok radikal ISIS. Hal itu diketahui berdasarkan unggahan dia di Instagram yang baru dibuatnya. Bendara ISIS dan tulisan soal jihad diunggah Zakiah sekitar 21 jam sebelum penyerangan (sumberrepublika&kompas)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.