Pelaksanaan KSB Dipusatkan di Kabupaten Luwu Utara

SYAKHRUDDIN.COM, Pertemuan dengan Pak Iyan Kusmadiana yang didamping Iqbal dari Kemensos, serta Kabid Linjamsos Sulsel, Kasmin dan jajarannya, bertempat di ruang kerja Kabid Linjamsos, membahas tentang pelaksanaan, Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Luwu Utara, tgl 19 s/d 21 September 2020 yang akan dihadiri Menteri Sosial RI.

Pertemuan tersebut sekaligus merupakan perjumpaan awal Penulis dengan Kabid Linjamsos Dinsos Prov. Sulsel di ruang kerjanya yang juga dihadiri Kepala Seksi yang menangani Tagana dan dua orang Tagana Utama, Sdr. Abd. Rahman Sulo (Yogi) dan Subhan Rahim (Nanang), Rabu 9/9/2020.

Terpilihnya Kabupaten Luwu Utara, disebabkan karena kawasan ini menjadi lokasi Kawasan KSB mengingat penanganan korban banjir di lokasi pascabencana Lutra perlu percepatan penanganan secara komprehensif sehingga dengan kegiatan KSB akan semakin mempercepat kegiatan rekonstruksi penanganan korban yang terdampak bencana.

Seperti diketahui, Kota Masamba tiba-tiba menjadi viral dalam pemberitaan media sosial, setelah banjir bandang yang melindas kabupaten yang di pimpin Indah Putri Indriani, harus berjuang melawan banjir dan lumpur yang menggenang  di jalan utama dan prasarana lainnya sebagai dampak banjir bandang Senin malam 13/7/2020.

Tim penolong yang datang dalam kegelapan malam akibat lokdonnya PLN karena terdampak banjir, dengan kondisi penerangan seadanya membantu memberikan pertolongan termasuk Tim Tagana Kabupaten Luwu Utara.

Dari hasil pendataan Tim Reaksi Cepat  Tagana dari lokasi kejadian yang dikoordinir Ibu Ulfa melaporkan secara langsung kepada Bupati, Dinsos Prov.Sulsel dan Kementerian Sosial melalui jaringan WA.

Kronologis kejadian akibat hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya air sungai dari Sungai Masamba, Sungai Radda, Sungai Rongkong, Baliase dan Bone-bone.

Sementara itu Tim Direktorat Subdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi  Kementerian Sosial bekerjasama Tagana Provinsi Sulsel, tengah mengerahkan dapur umum lapangan untuk 2000 jiwa yang terdampak, sementara 100 jiwa mengungsi ke Gedung Pemuda di Jalan Syuhada Masamba.

Sebagai tindak lanjut dari penanganan pascabencana, Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kegiatan Geladi Kampung Siaga Bencana (KSB) yang akan dilaksanakan pada tgl 18 s/d 21 September 2020 (syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.