Pernik-Pernik Perkuliahan Daring Hari Pertama

SYAKHRUDDIN.COM – Sebagai Dosen Luar Biasa (LB) yang bertanggungjawab pada mata kuliah “Peksos Pelayanan Sosial Disabilitas, Korban Bencana & Pengungsi “, sudah melakukan kuliah perdana, sesuai jadwal tgl 03 September 2020.

Banyak hal yang menarik dalam proses awal perkuliahan, setelah menawarkan kepada mahasiswa tentang jaringan yang digunakan, apakah mau “Zoom meting, http//lentera.uin-alauddin.ac.id atau melalui geogle meet”

Akhirnya disepakati menggunakan WA saja. Perlu menjadi pemahaman bersama bahwa WhatsApp sekarang sudah menggandeng Messenger sehingga seseorang dapat terhubung dari narasumber kepada 50 orang audance melalui forum yang dibentuk.

Akhirnya kami sepakat untuk hari ini dan hari-hari berikutnya akan menggunakan WhatsApp (WA) yang dihubungkan melalui Messenger dalam sebuah forum diskusi.

Syaratnya sang mahasiswa harus bersahabat dengan Penulis melalui Facebook “Syakhruddin Tagana” dengan demikian WA yang menggabungkan Messenger dan FB menjadi salah satu saingan “Zoom Meting” yang selama ini mampu menempati posisi teratas dunia webinar.

Sekarang banyak alternatif di masa pandemic Copid-19 dan semester III A dan III B memilih jaringan “Forum Syakhruddin”

Kendalanya, bila sudah terhubung, sebaiknya mahasiswa mematikan mikrofonnya, sehingga suara latar belakang dari HP mahasiswa tidak mengganggu proses perkuliahan.

Dihari pertama masih diperoleh suasana jaringan yang terganggu, suara yang terpantul-pantul karena para narahubung membuka mikrofonnya, padahal tidak perlu semua terbuka, tutup saja kecuali saat akan bertanya kepada dosen.

Pengalaman lainnya, ada yang ikut kuliah dengan latar belakang tempat tidur, jadi sang mahasiswa masih di pembaringan, ada pula mungkin maaf (belum mandi), sehingga kesan amburadul nampak dalam sorotan camera langsung dan sejumlah suara anak-anak kecil yang menghiasi hari pertama kuliah daring.

Dari pengalaman tersebut diatas, maka untuk hari Kamis mendatang, supaya hal ini dapat kita elemenir dan mengikuti kuliah juga dalam kondisi siap belajar, bukan sambil tiduran.

Kata orang bijak “ Pengalaman adalah guru yang paling berharga” maka dengan peristiwa di hari pertama kuliah menjadi pengalaman untuk pertemuan berikutnya, selamat belajar semoga sukses.

 

Salam Sehat – Syakhruddin Tagana HP 081 2424 5938

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.