Bakal Calon Wali Kota Surabaya, Diumumkan PDIP Hari Ini

SYAKHRUDDIN.COM, JAKARTA –  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini akan mengumumkan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Jawa Timur, yang akan berlaga dalam Pilkada 2020.

Dilansir dilaman CNN, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan keputusan tersebut akan dilakukan dalam Rapat DPP PDIP yang dinyatakan terbuka dan dilakukan secara daring.

“Pada tanggal 2 September 2020 pada pukul 14.00 WIB. Pengumuman Kota Surabaya pun dilakukan secara khusus,” kata Hasto dalam keterangan resminya, Selasa (1/9).

Hasto mengatakan partainya sengaja mengumumkan calon kepala daerah Kota Surabaya di Pilkada secara khusus. Ia menyatakan PDIP sendiri telah menempatkan Kota Surabaya sebagai panggung politik utama setelah DKI Jakarta.

Surabaya, kata dia, belakangan ini telah menjadi ikon penyelenggaraan pemerintahan terbaik atau best practices dan dikenal sebagai kota sederet prestasi.

Hasto juga mengklaim kepemimpinan Wali Kota Surabaya saat ini, Tri Rismaharini menuai banyak prestasi. Tak hanya itu, kepemimpinannya pun diklaim dirasakan kehadirannya oleh masyarakat Surabaya.

Prestasi itu, kata dia, telah membentuk modal sosial sebagai benteng pertahanan rakyat agar Surabaya tidak jatuh ke tangan yang salah.

“Sebab keputusan terhadap sosok pemimpin Surabaya tersebut berkorelasi langsung terhadap kehidupan rakyat kecil, dan juga menentukan arah masa depan Kota Surabaya yang begitu indah dan asri,” kata Hasto.

Sebelumnya, PDIP sempat menunda pengumuman nama pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya dalam Pilkada 2020 beberapa waktu lalu. Penundaan diputuskan oleh Ketua DPP bidang Politik PDIP Puan Maharani.

Di tengah belum jelasnya rekomendasi untuk calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Kota Surabaya 2020, para pimpinan DPP PDIP bertandang ke kantor DPD PDIP Jawa Timur untuk melakukan konsolidasi pada 30 Agustus lalu.

Hasto mengatakan konsolidasi itu merupakan hal yang sangat penting, sebab menurutnya Jawa Timur dan Surabaya merupakan wilayah basis PDIP.

Beredar kabar nama Puti Guntur Soekarnoputra secara tiba-tiba muncul sebagai calon wali kota Surabaya yang akan diusung PDIP pada Pilkada Surabaya 2020.

Awalnya, hal itu diketahui dalam foto surat rekomendasi DPP PDIP yang beredar di media sosial, termasuk sejumlah grup para pewarta.

Meski demikian, Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari secara tegas membantahnya. Ia bahkan menyebut surat itu palsu. “Palsu,” kata Untari (sumbercnnjakarta)

 

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.