Ali Topan Tagana Pinrang

SYAKHRUDDIN.COM, MASAMBA – Nama lengkapnya Ali Topan, salah seorang anggota Tagana berasal dari Kabupaten Pinrang.

Musibah yang menimpa dirinya saat memasang sebuah tower di daerahnya, terplanting dan menjepit kedua kakinya, sehinggapatah dan nyaris lumpuh.

Tapi semangatnya tak pernah luntur, Ali merupakan ikon Tagana Pinrang. Dari tekadnya telah menginspirasi perjuangan rekan-rekan Tagana di Bumi La Sinrang Kabupaten Pinrang.

Penulis berjumpa suatu ketika bertemu di Luwu Timur pada Kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang lokasinya sekarang terdampak banjir bandang di Luwu Utara.

Kala itu, Ali selalu duduk di mobil saja menyaksikan aktifitas adik-adik, terutama utusan dari Tagana Kompi UIN Alauddin Makassar yang tentunya cantik-cantik.

Untuk pergerakannya harus dibopong oleh rekannya. Tapi semangatnya tak pernah luntur. Bahkan dalam goresan penanya di dunia maya pernah menulis, ” Kakiku bisa lumpuh, tapi otakku tidak”

 Kali ini dengan di sanggah alat stanlaiss yang ringan, Ali Topan beraktifitas, beliau tak mau menjadi beban rekan-rekannya, Dia adalah Ali Topan dengan semangat yang menggelora.

Kehadirannya di Bumi Sawerigading di Desa Radda Kecamatan Baebunta, telah memberi inspirasi yang sangat mumpuni.

Rekan-rekan dari daerah lainnya, selain memberi semangat, juga sekaligus menjadi  motivasi dalam mengabdi.

” Ali Topan saja yang memakai penyanggah datang membantu, apalagi kita yang tegap berjalan” ayo mari mengabdi.

Ali yang memiliki pengetahuan penanganan bencana secara komprehensif baik pada masa sebelum bencana, saat bencana maupun pascabencana, menjadi inspirator kegiatan yang bersifat akbar.

Pengetahuan itu diperoleh dari pengembaraannya diberbagai organisasi sosial, mulai dari Pramuka, SAR, Panjat Tebing,  Karang Taruna , Peduli Lingkungan, Damkar dan seabrek organisasi sosial yang digelutinya.

Itulah yang memberi banyak pengalaman lapang dibandingkan sahabat lainnya yang baru berorganisasi di Forum Tagana Pinrang.

Kali ini, pada bencana nasional di Luwu Utara, Ali Topan datang dalam Tim Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Kabupaten Pinrang yang bermarkas di Radda dan melayani para pengungsi yang mengharapkan pelayanan dari Dari Umum Lapangan (Dumlap) Pinrang.

Ada haru yang menggelayut, semangat Ali bagaikan reinkarnasi dari Ali Topan Anak Jalanan, film nasional yang telah menginspirasi begitu banyak anak muda pada zamannya.

Selamat beraktifitas Dinda di lokasi bencana, keterbatasan bukan alasan untuk tidak melayani warga terdampak, akan tetapi kehadiranmu telah menginspirasi begitu banyak anak muda di Bumi Sawerigading Luwu Utara, salamaki.

Selasa 21.07.2020 by syakhruddin.dn

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.