Masamba Menanti Uluran Tangan Anda

SYAKHRUDDIN.COM, MASAMBA –  Kota Masamba tiba-tiba menjadi viral dalam pemberitaan media sosial, setelah banjir bandang yang melindas kabupaten yang di pimpin Indah Putri Indriani, harus berjuang melawan banjir dan lumpur yang menggenang jalan utama dan prasarana lainnya sebagai dampak banjir bandang Senin malam 13/7/2020.

Tim penolong yang datang dalam kegelapan malam akibat lokdonya PLN karena terdampak banjir, dengan kondisi penerangan seadanya membantu memberikan pertolongan termasuk Tim Tagana Kabupaten Luwu Utara.

Dari hasil pendataan Tim Reaksi Cepat  Tagana dari lokasi kejadian yang dikoordinir Ibu Ulfa melaporkan data sementara.

Kronologis kejadian akibat hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya air sungai dari Sungai Masamba, Sungai Radda, Sungai Rongkong, Baliase dan Bone-bone.

Dampak dari peristiwa bencana alam banjir ini, mengakibatkan dua orang meninggal dunia, 11 orang dinyatakan hilang, 400 rumah warga terendam, 50 buah rumah rusak berat dan 450 rumah rusak ringan.

Sementara itu Tim Direktorat Subdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi  Kementerian Sosial bekerjasama Tagana Provinsi Sulsel, tengah mengerahkan dapur umum lapangan untuk 2000 jiwa yang terdampak, sementara 100 jiwa mengungsi ke Gedung Pemuda di Jalan Syuhada Masamba.

Dilaporkan dari lokasi bencana, kondisi air sudah mulai surut namun sisa genangan lumpur masih terlihat dimana-mana dan sebagian kawasan lainnya masih ada sisa genangan banjir.

Adapun kebutuhan mendesak  meliputi, makanan siap saji, air minum, Pakaian, selimut/sarung, obat2an, pakaian bayi, gamis, kos Kaki dan hijab.

Untuk mendukung kegiatan pergerakan dan bantuan dari berbagai pihak, Tagana Gowa sedang mempersiapkan untuk menggalang dana dan Pemerintah Kabupaten Gowa juga sudah mempersiapkan bantuan awal untuk di bawa ke lokasi bencana pada kesempatan pertama.

Demikian halnya dengan organisasi masyarakat, pemuda dan warga Luwu yang ada di Kota Makassar, giat menggalang bantuan untuk saudara kita yang terdampak bencana alam di tengah suasana pandemik Copid-19, karena itu mari kita meringankan tangan untuk membantu saudara kita yang terkena musibah banjir bandang doi Masamba Kabupaten Luwu Utara (sdn)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.