Jet Pengintai Rusia Tu-142 Dihalau Pesawat Tempur AS F-22

SYAKHRUDDIN.COM,MAKASSAR -Jet pengintai Rusia kembali dihalau pesawat tempur Amerika Serikat. Pesawat tempur F-22 AS itu mencegat empat pesawat pengintai Tu-142 Rusia yang memasuki zona identifikasi pertahanan udara Alaska (ADIZ) pada Sabtu (27/6).

Dilansir di Laman CCNJakarta, Komando Pertahanan Udara AS (NORAD) mengatakan pesawat Rusia tersebut berada pada jarak 65 mil laut di selatan kepulauan Alaskan Aleutian.

Pesawat patroli Rusia itu disebut berkeliaran di ADIZ selama hampir delapan jam. Pesawat itu tetap berada di wilayah udara internasional dan tidak memasuki wilayah udara kedaulatan AS ataupun Kanada.

Ini bukan kali pertama jet Rusia dihalau pesawat tempur AS. Pada tahun ini pasukan NORAD sudah mencegat pesawat militer Rusia dalam 10 kesempatan terpisah.

“Tahun ini saja, pasukan NORAD telah mengidentifikasi dan mencegat pesawat militer Rusia termasuk pengebom, pejuang, dan pesawat patroli maritim pada sepuluh kesempatan terpisah ketika mereka telah terbang ke ADIZ,” kata komandan NORAD Jenderal Terrence J. O’Shaughnessy, dikutip dari¬†CNN.

Awal bulan ini, jet F-22 AS juga mencegat pengebom berkemampuan nuklir Rusia dekat Alaska pada tiga kesempatan terpisah.

Kejadian terbaru adalah pada Rabu (24/6) lalu, pesawat tempur F-22 AS mencegat dua pesawat patroli maritim IL-38 Rusia yang memasuki Zona Alaska.

“Pesawat F-22 didukung oleh KC-135 Stratotanker mencegat dua pesawat patroli maritim Rusia IL-38 memasuki zona pertahanan udara Alaska sekitar tengah malam pada 24 Juni,” ujar Komando Pertahanan Udara AS (NORAD) melalui pernyataan pada Kamis (25/6) (sumberccnjakarta)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.