Kiat Cegah Kacamata Berkabut Saat Pakai Masker

SYAKHRUDDIN.COM, JAKARTA – Ketika pemerintah mewajibkan semua orang untuk memakai masker – baik sakit atau sehat- karena pandemi corona, masker kini jadi ‘aksesori’ baru di wajah.

Namun bagi mereka yang berkacamata, pakai masker berarti ada masalah baru yang harus diselesaikan. Bagi pemakai kacamata, memakai masker selama pandemi virus corona bakal menyebabkan kacamata berkabut atau beruap tiap kali mereka bernapas.

Dilansir dilaman CNN, mengenai hal Ini akan jadi masalah besar jika dihadapi oleh para dokter yang bertugas merawat pasien, khususnya pasien Covid-19.

Berikut beberapa trik agar kacamata tak lagi beruap atau berkabut (kondensasi) ketika memakai masker.

  1. Air Sabun
    Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Annals of The Royal College of Surgeons of England menyebut bahwa sabun dan air bisa mengatasi masalah ini.”Sebelum memakai masker, cuci kacamata dengan air sabun, kemudian buang sisa kelebihan air di kacamata,” tulis studi dikutip dari South China Morning Post.

    “Biarkan udara mengeringkannya, atau lap dengan lap kacamata sebelum memakainya dan menggunakan masker.”

    Air sabun menciptakan lapisan film tipis yang menghilangkan ketegangan permukaan kacamata dengan napas yang karena masker. Hanya saja metode ini harus diulang beberapa kali.

    2. Kawat masker fleksibel
    Beberapa masker memiliki penjepit atau kawat masker di bagian hidung. Kawat ini bisa dipakai untuk mengatur tingkat kelembapan yang masuk atau keluar dari masker.

    Jika Anda menjahit masker kain sendiri maka gunakan objek yang fleksibel seperti paper clip untuk menciptakan masker yang ‘ketat’

  2. Tissu
    Tissu juga bisa dipakai untuk menghilangkan kabut di kacamata. Lipat tissu wajah yang lembut menjadi bentuk persegi panjang Letakkan di bagian masker yang menyentuh batang hidung.Tissu ini berfungsi untuk menyerap kelembapan ekstra yang keluar dari masker ke kacamata (syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.