Prof Dr Yusran S Hut MSi, Pejabat baru Walikota Makassar menggantikan Iqbal Suhaeb

SYAKHRUDDIN.COM, MAKASSAR – Alhamdulillah mulai besok genap setahun saya menjadi pejabat Walikota Makassar, Sesuai SK berakhir tanggal 13 Mei 2020.

Terima kasih atas semua dukungannya saudaraku semua, Selamat kepada Prof Yusran semoga amanah Insya Allah, demikian ucapan singkat  Iqbal melalui pesan di medsos sembari foto bersama dengan penggantinya.

Masa jabatan Iqbal Suhaeb sebagai Penjabat (Pj) Walikota Makassar akan berakhir Rabu (13/5/2020) besok. Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Amirullah sudah mengusulkan tiga nama untuk disetujui oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Ketiga nama dimaksud yakni Prof. Dr. Ir. Rudy Djamaluddin, M.Eng (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang), Prof. Dr. Yusran Jusuf, M.Si (Kepala Bappeda) dan Ir. Denny Irawan Saardi, M.Si (Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan).

Mereka merupakan pejabat eselon II  di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel).

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Sulsel Hasan Basri Ambarala yang dikonfirmasi wartawan mengaku, surat usulan Gubernur tersebut belum mendapat jawaban dari Kemendagri.

Meski begitu menurut Ambarala, agar tidak terjadi facum of power, Gubernur sudah menyiapkan SK Pelaksana Harian (Plh) yang akan menjabat selama 7 hari.

“SK Pj Walikota Makassar akan berakhir besok. Kalau SK dari Mendagri belum turun sampai besok, Gubernur akan menunjuk Plh,” jelas Ambarala, Selasa (12/5/2020) siang.

Yang jelas lanjut mantan wartawan itu,  facum of power tidak boleh terjadi.  Karena di pemerintahan tidak dikenal facum of power atau kekosongan kekuasaan sedetik pun.

Namun menurut sumber INFOSULSEL.COM jika SK Mendagri belum turun Gubernur Nurdin Abdullah akan menunjuk salah satu pejabat eselon II dari lingkup Pemprov Sulsel sebagai Plh.

Pejabat yang disebut sumber tersebut yakni Kepala  Inspektorat Pemprov Sulsel Salim AR.

Namun kabar terakhir yang diterima INFOSULSEL menyebutkan bahwa Mendagri telah menetapkan Prof Yusran sebagai Pj Walikota Makassar. SK tersebut sudah di tangan dan akan diserahkan saat pelantikan yang kemungkinan akan berlangsung pukul 13.00 WITA, Rabu (13/5/2020) besok.

Sementara itu Prof Yusran yang di konfirmasi INFOSULSEL.COM belum memberi jawaban

Kota Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di Kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi.

Jadi Pj Wali Kota Makassar, siapa Prof Yusran Yusuf? Profil, eks Dekan di Unhas dan Kepala Bappeda Sulsel.

Penjabat atau Pj Wali Kota Makassar berganti dari M Iqbal Suhaeb kepada Prof Yusran Yusuf.

Masa jabatan Iqbal Suhaeb sebagai kepala daerah sementaradi Makassar, Sulawesi Selatan atau Sulsel berakhir, Selasa (12/5/2020) atau tepat setahun.

Sementara, Yusran Yusuf akan dilantik, Rabu (13/5/2020), besok, sesuai dengan SK Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Penunjukan Yusran Yusuf sebagai Pj Wali Kota Makassar sudah lama jadi rumor seiring dengan moncernya karier dia di masa Nurdin Abdullah menjabat Gubernur Sulsel.

 

Lalu, siapa Yusran Yusuf?

Berikut profil petahana Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah atau Bappeda Sulsel dan Ketua TGUPP Sulsel itu yang dikutip dari laman www.unhas.ac.id/fahutan.

Nama dan gelar akademik: Prof Dr Yusran S Hut MSi

Tempat, langgal lahir: Maros, 6 Desember 1969

Jabatan fungsional: Guru Besar Unhas

Bidang keahlian: Kebijakan dan perundang-undangan kehutanan dan lingkungan

Pendidikan:

S1 Tahun 1994 Universitas Hasanuddin, Indonesia

S2 Tahun 1999 Institut Pertanian Bogor, Indonesia

S3 Tahun 2005 Institut Pertanian Bogor, Indonesia

Diklat Lemhannas 2012, Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional pada Program Pendidikan Reguler Angkatan XLVII Lemhannas RI

Kursus atau Pelatihan:

Penataran PEKERTI, 1997 di Unhas

AMDAL A 2002 di Unhas

Rabu, 13 Mei 2020 bertepatan dengan penanggalan 20 Ramadan 1441 H dilantik sebagai Walikota Makassar (berbagai sumber)

 

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.