Pilot Wanita Pesawat MAF jatuh, Mayatnya Ditemukan di Danau Sentani

syakhruddin
Read Time2 Minute, 0 Second

SYAKHRUDDIN.COM, MAKASSAR – Pesawat dengan kode  penerbangan PK-MEC milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang jatuh di kawasan Danau Sentani, Papua, telah dievakuasi pada Selasa (12/5/2020). Tak ada penumpang dalam kecelakaan tersebut.

Dilansir di laman CNN, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, pesawat itu hanya melakukan pengangkutan logistik berupa bahan sembako.

“Pesawat dengan register PK-MEC direncanakan terbang dari bandara udara Sentani, Kabupaten Jayapura menuju Distrik Mamit Kabupaten Tolikara dengan membawa bahan sembako dan tidak berpenumpang,” kata Musthofa melalui keterangan resmi, Selasa (12/5/2020).

Musthofa menjelaskan pesawat yang membawa sembako itu diawaki oleh seorang pilot bernama Joyce Chaisin Lin yang merupakan perempuan 40 tahun berkebangsaan Amerika Serikat.

Dalam insiden itu, pilot dinyatakan meninggal dunia dan telah dievakuasi ke RS Bhayangkara, Jayapura.

“Setelah dilakukan pencarian terhadap pilot, tim gabungan berhasil menemukan pilot di sekitar lokasi jatuhnya pesawat, selanjutnya pilot dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura,” lanjut dia.

Hingga saat ini, pihak tim SAR gabungan telah mengevakuasi badan pesawat yang tenggelam di dasar danau. Hanya saja, belum diketahui pasti penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

“Diketahui bahwa saat setelah melakukan take-off landasan pacu Bandara Sentani, dan saat pesawat berada di atas danau pesawat secara tiba-tiba langsung jatuh ke danau Sentani Kabupaten Jayapura,” kata Musthofa.

Dia menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 06.27 WIT. Saat itu pesawat jenis Kodiak K-1000 PK-MEC milik MAF melakukan penerbangan dari Bandara Sentani menuju Distrik Mamid, Kabupaten Tolikara.

“Pukul 06.29 WIT, pilot memanggil tower ‘mayday’ dan diminta RBT (pendaratan darurat), kemudian petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari pilot,” lanjut dia.

Meski begitu, Musthofa menjelaskan bahwa kecelakaan tersebut tidak berdampak pada arus penerbangan di Bandara Sentai, Kabupaten Jayapura.

Pesawat dengan kode penerbangan PK-MEC milik Mission Aviation Fellowship (MAF)  dilaporkan jatuh pada Selasa (12/5/2020) sekitar pukul 06.27 WIT di kawasan Danau Sentani dalam penerbangan Sentani-Mamit, Kabupaten Tolikara.

Perwakilan KNKT Papua, Norbert Tunyanan mengatakan pesawat nahas itu dikemudikan pilot berkebangsaan Amerika Serikat, Joice Lin.

“Saat ini pencarian masih dilakukan tim SAR di kawasan Danau Sentani dan sekitarnya,” tambah Tunyanan seperti dikutip dari Antara.

Sementara, Komandan Pangkalan Udara Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo juga membenarkan laporan itu. Kata dia, pesawat nahas itu mengalami kecelakaan setelah sekitar dua menit terbang.

Kata dia, sudah ada laporan dari salah satu pesawat yang melihat pesawat jenis Codiac itu jatuh di dua notical mille selatan radar Bandara Sentani (sumberccnjakarta)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Prof Dr Yusran S Hut MSi, Pejabat baru Walikota Makassar menggantikan Iqbal Suhaeb

SYAKHRUDDIN.COM, MAKASSAR – Alhamdulillah mulai besok genap setahun saya menjadi pejabat Walikota Makassar, Sesuai SK berakhir tanggal 13 Mei 2020. Terima kasih atas semua dukungannya saudaraku semua, Selamat kepada Prof Yusran semoga amanah Insya Allah, demikian ucapan singkat  Iqbal melalui pesan di medsos sembari foto bersama dengan penggantinya. Masa jabatan Iqbal Suhaeb sebagai Penjabat (Pj) Walikota Makassar akan berakhir Rabu […]