Ahmad Riza Resmi Gantikan Sandiaga Uno

SYAKHRUDDIN.COM, JAKARTA –  Ir. Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno yang mundur dari posisi wagub sejak 2018.

Ia terpilih berdasarkan hasil voting di DPRD DKI. Riza mendapatkan 81 suara atau sekitar 81 persen dari jumlah anggota DPRD yang hadir.

Sementara rivalnya Nurmansjah Lubis hanya mendapatkan 17 suara. Dua suara lainnya dinyatakan tidak sah.

Dilansir di laman CNNN, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria resmi terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022.

Riza mengalahkan pesaingnya Nurmansyah Lubis yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pemilihan dilakukan DPRD DKI Jakarta di tengah darurat penanganan pandemi virus corona (Covid-19), Senin (6/4/2020).

Pemungutan suara oleh anggota dewan ‘Kebon Sirih’ itu digelar secara tertutup.

Sembilan fraksi di DPRD DKI, yakni PDI-Perjuangan, Gerindra, PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), PSI, NasDem, Demokrat, Golkar, Fraksi PKB-PPP telah memberikan suaranya.

Berdasarkan hasil pemilihan, Riza mengantongi 81 suara, sementara Nurmansjah 17 suara. Sementara 2 suara tidak sah.

Total 100 anggota DPRD DKI yang menghadiri pemilihan.

Riza pun langsung ditetapkan sebagai wakil gubernur DKI menggantikan Sandiaga Uno yang mundur pada 2018 lalu untuk mengikuti Pilpres 2019.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi sebagai pemimpin sidang kemudian mengesahkan Riza sebagai Wakil Gubernur Terpilih DKI Jakarta.

“Berdasarkan hasil perhitungan suara Wagub sisa masa jabatan, menetapkan saudara Ir Ahmad Riza Patria menjadi wakil Gubernur DKI sisa masa jabatan 2017-2022,” kata Prasetyo.

Karena ada suara tidak sah, Prasetyo kemudian meminta persetujuan pada peserta sidang.

“Apakah saudara-saudara dapat menerima dan menyetujui hasil perhitungan suara dan Saudara Ahmad Riza Patria ditetapkan sebagai Wakil Gubernur 2017-2022. Untuk Keputusan DPR dapat disetujui?” kata Prasetyo yang dijawab pernyataan setuju.

Untuk selanjutnya hasil rapat paripurna ini akan kami sampaikan kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri.

Riza Patria Partai Gerindra itu akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada sisa masa jabatan 2017-2022.

Pemilihan wakil gubernur DKI ini sempat tertunda sejak tahun lalu. Partai pengusung Anies-Sandiaga pada Pilkada Jakarta 2017, Gerindra dan PKS tarik-ulur terkait calon yang diusung menggantikan Sandiaga.

 Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A. adalah Anggota DPR RI Fraksi Gerindra 2 periode yakni 2014–2019 dan 2019–2024. Di KNPI, Ahmad Riza Patria pernah tercatat sebagai Ketua DPP KNPI 2002 – 2005 dan periode 1999 – 2002. Ia juga pernah menjabat Ketua DPD KNPI Provinsi DKI Jakarta, 2002 – 2005.

Lahir: 17 Desember 1969 (usia 50 tahun), Banjarmasinntan Selatan, Ayahnya bernama  Amidhan Shaberah dan menyelesaikan pendidikan pada  Institut Teknologi di Bandung (berbagai sumber)

 

 

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.