Selayang Pandang BKPM Appasere Kelurahan Pa’Baeng-Baeng

SYAKHRUDDIN.COM, Makassar – Kelurahan Pa’Baeng-Baeng dibawah koordinasi Bhabinkamtibmas, Brigpol Fitra berhasil menghimpun potensi masyaraka, bekerjasama dengan tokoh masyarakat dipimpin Drs H.A.Salehuddin Karaeng Gau, berhasil membangun Balai Kemitraan Polri dan Masyarakat (BKPM) beralamat di Jalan St Alauddin No 45 Makassar.

Proses pembangunan dengan anggaran yang bersumber dari swadaya murni masyarakat, berawal ketika Karaeng Gau dan Brigpol Fitra mengajukan permohonan lahan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, untuk mendapatkan lahan pembangunan Pos BKPM, milik eks Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan.

Bagai gayung bersambut, Kepala Biro Aset atas nama Gubernur Sulawesi Selatan memberi izin untuk membangun Pos dengan luas lahan 3×5 meter, akan tetapi lahan berupa selokan dibuatkan jembatan penghubung, sehingga mencapai luas lahan 8×5 meter, dilengkapi kamar kecil, ruang kerja utama dan halaman untuk sarana silaturahmi antar anggota.

Proses pembangunan dimulai dari tgl 10 November 2019 yang merupakan Peringatan  Hari Pahlawan dan tuntas 11 Maret 2020

bersamaan dengan keluarnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) di masa silam, serta dukungan berupa lampu neonbox dari Smartfren Makassar.

Suatu hal yang membanggakan bagi warga Pa Baeng-Baeng, Pos BPKM merupakan satu-satunya Pos yang dibangun dengan swadaya murni masyarakat yang menghabiskan dana sebesar Rp 45 juta rupiah.

Bagaimana kiat untuk membangun Pos tanpa dana dari institusi Polri maupun Pemkot Makassar, melainkan bersumber dari ORW/ORT dan para pendukung dan sponsor yang bersimpati, untuk sebuah pembangunan Pos FKPM berbasis masyarakat.

Sebagai pejabat Bhabinkamtibmas yang bertugas di front terdepan, tentu harus mampu meraih simpatik. warga binaan, walaupun ada satu dua yang belum mau bersinergi, tapi itulah dinamikan kehidupan bermasyarakat.

Pesan Kasatbinmas Tamalate, tidak perlu semua orang suka, tapi kalau sudah sebagian besar bersimpatik terhadap Anda, itulah wujud keberhasilan, tuturnya dalam sebuah pertemuan di Kantor Kelurahan Pa Baeng-Baeng.

Salah satu kiat dari Brigpol Fitra, membuat grup WA, menyampaikan setiap aktifitasnya, mulai dari sholat subuh berjamaah, sambang warga yang berduka, mempercepat izin keramaian tanpa warga pergi ke kantor polisi, melainkan langsung terima di tempat, intinya setiap kegiatan RT dan RW dipastikan ada kehadiran Binmas.

Membangun sinergitas dan kesatuan pandangan untuk membangun Pa’ Baeng-Baeng, dibutuhkan sebuah Balai untuk menyatukan fikiran dan pandangan,  agar semua potensi warga digerakkan dalam satu sistim komando yang terkoordinasi, itulah perannya Bhabimkamtibmas, ujar Brigpol FItra dalam sebuah bincang lepas, di Masjid Besar Al Abrar Gunungsari Baru Makassar

Saat Binmas butuh untuk keperluan membangun Pos FKPM, maka warga dengan spontan memberikan dukungan, ada berupa tenaga dan pemikiran, ada bantuan berupa material dan dukungan lainnya, adapula berupa uang tunai langsung kepada Bhabimkamtibmas dan semuanya dipublish melalui grup WA.

Intinya, manajemen terbuka dan kerja tim yang saling bahu membahu, merupakan kiat keberhasilannya.

Bila tak ada aral melintang, besok Pukul 09.00 WITA Pos Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) akan diresmikan penggunaannya oleh Kapolrestabes Makassar, Kombes Yudhiawan didampingi Camat Tamalate, Drs. Hasan Sulaiman,  Kapolsek Tamalate, Danramil Tamalate serta Dansat Brimobda Sulsel  Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan.

Maka menjadi tanggungjawab sosial bagi kita semua sebagai anggota FKPM dan warga Kelurahan Pa Baeng-Baeng, untuk bersama sama memeriahkan peristiwa peresmian yang bersejarah ini (bersambung)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.