Mengenal Pulau Sebaru Kecil, Tempat Observasi 188 WNI ABK World Dream

SYAKHRUDDIN,COM, JAKARTA – Setelah Natuna, pemerintah memilih Pulau Sebaru sebagai tempat observasi 188 WNI anak buah kapal (ABK) World Dream dari virus corona. Pulau kosong ini tidak berpenghuni namun memiliki fasilitas yang sangat mumpuni.

Pulau Sebaru terletak di Kabupaten Seribu, DKI Jakarta. Terdapat dua pulau Sebaru di Kepulauan Seribu yaitu Sebaru Besar dan Sebaru Kecil.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memilih Pulau Sebaru Kecil sebagai tempat yang cocok untuk observasi. Hal ini dikarenakan suasana alam sekitar yang mendukung dan tersedianya mata air.

Menurut Terawan, Pulau Sebaru Kecil bisa menjadi tempat bagi mereka yang negatif virus corona atau pun mereka yang terindikasi tertular COVID-19. Karena tingkat keamanan di Pulau Sebaru sangat baik.

Berikut ini beberapa hal terkait Pulau Sebaru Kecil yang perlu diketahui:

1. Luas Pulau Sebaru ; Secara geografis Pulau Sebaru dibagi menjadi dua teritorial yakni Sebaru Besar dan Sebaru Kecil. Pulau Sebaru terbagi menjadi dua daratan yaitu Pulau Sebaru Besar di Kelurahan Pulau Harapan seluas 6,38 hektare. Dan Pulau Sebaru Kecil punya daratan yang lebih luas di kelurahan Pulau Kelapa yaitu 16,60 hektare.

2. Memiliki Fasilitas Memadai ; Meskipun tak berpenghuni, akan tetapi Pulau Sebaru Kecil ini memiliki fasilitas yang memadai dan cocok untuk tempat observasi WNI ABK World Dream selama 14 hari terkait virus corona.

“Ini pulau kosong tapi perlengkapannya luar biasa, termasuk mata air, sumber air ini semua luar biasa dan gedungnya juga terpisah-pisah. Jadi memang seperti direncanakan kita dapat berkah, kita buat evakuasi, observasi enak,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai Rakor Tingkat Menteri di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (24/2/2020).

3. Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba ; Pulau yang tidak tercatat di aplikasi Google Maps ini ternyata dulunya adalah tempat rehabilitasi untuk pecandu narkoba.

4. Pulau yang Cantik dan Asri ; Melihat akun YouTube milik Onggo man pada tahun 2019, Pulau Sebaru memiliki keindahan yang menawan. Airnya jernih dengan biota laut yang sangat beragam. Pengunjung yang datang juga mendirikan tenda serta membawa perlengkapan makanan sebagai bekal mereka saat menikmati keindahan pulau ini.

Rencananya para ABK ini akan dibawa dengan Kapal World Dream dan diserahterimakan ke Pemerintah Indonesia di Selat Durian, Riau pada 26 Februari. Meskipun sudah dinyatakan sehat, pemerintah tetap akan mengobservasi 188 WBI ABK World Dream di Pulau Sebaru Kecil. (sumber detik.com)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *