Tik Tok Ancaman Nyata Bagi Facebook

SYAKHRUDDIN.COM,JAKARTA – TikTokmempunyai pencapaian baru selama 2019, yaitu lebih banyak diunduh dibanding Facebook dan Messenger.

Menurut laporan Store Intelligence Data Digest buatan Sensor tower, TikTok diunduh lebih dari 700 juta kali selama 2019, yang membuat mereka menjadi aplikasi paling banyak diunduh ke-2 dan hanya kalah dibanding WhatsApp.

TikTok sendiri pada 2018 masih berada di posisi ke-4, di bawah WhatsApp, Messenger, dan Facebook, sementara Instagram ada di posisi ke-5.

Jadi selama dua tahun terakhir, TikTok adalah satu-satunya aplikasi yang bukan milik Facebook dalam lima besar aplikasi paling banyak diunduh.

India adalah pasar terbesar TikTok selama 2019, dengan kontribusi 44% unduhan selama setahun. Padahal, pada April 2019 pemerintah India sudah melarang kehadiran TikTok di negara tersebut.

Sementara di China, jumlah pengunduhnya TikTok masih terus menurun sejak mencapai puncaknya pada Maret 2018.

Namun negara asal Bytedance – induk TikTok – tersebut masih menjadi sumber pendapatan utama mereka, dengan kontribusi 78% pemasukan TikTok pada Q4 2019.

Selama 2019 TikTok mencatatkan pemasukan sebesar USD 176,9 juta, yang menjadi pemasukan terbesar mreka sepanjang sejarah. Padahal bisa dibilang mereka masih mencoba-coba bermacam cara untuk memonetasi layanannya itu.

TikTok sendiri bukan tanpa kontroversi. Pada Februari 2019 mereka didenda USD 5,7 juta karena melanggar aturan Children’s Online Privacy Protection Act. Penyebabnya adalah aplikasi tersebut membolehkan anak di bawah 13 tahun untuk mendaftar tanpa izin orang tua.

EO Snapchat, Evan Spiegel rupanya penggemar besar TikTok. Bahkan menurutnya, aplikasi video pendek asal China tersebut bisa berkembang menjadi lebih besar dibanding pesaingnya, Instagram.

Hal ini disampaikan Spiegel saat mengisi konferensi Digital Life Design di Munich, Jerman beberapa waktu yang lalu.

“Saya suka TikTok. Saya penggemar besar,” kata Spiegel seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Senin (20/1/2020).

Ketika ditanya apakah TikTok bisa menyalip popularitas Instagram, Spiegel mengatakan hal itu bisa saja terjadi. “Itu mungkin saja,” ujar pria berusia 29 tahun ini.

Beberapa studi memang menemukan bahwa popularitas TikTok belakangan ini terus mengekor Instagram. Alhasil, ByteDance selaku pengembang TikTok berkembang menjadi salah satu startup paling berharga di dunia.

Analis Niko Partners memperkirakan TikTok memiliki sekitar 400 juta pengguna aktif harian. Selain itu, App Annie juga menempatkan TikTok di belakang Instagram dalam hal pengguna aktif bulanan di tahun 2019. Instagram sendiri sejak tahun 2018 telah memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan.

Tidak hanya itu, App Annie juga menobatkan TikTok sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh dalam 10 tahun terakhir. Dalam laporan Decade in Review yang diterbitkan akhir 2019, TikTok berada di peringkat tujuh, hanya tiga peringkat di bawah Instagram yang berada di posisi empat (syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.