KASAU Mengundang Chaerul, Perakit Pesawat Asal Pinrang ke Jakarta

SYAKHRUDDIN.COM,PINRANG – Chaerul montir motor asal Pinrang yang berhasil merakit pesawat jenis Ultralight.

Keberhasilan Chaerul, pemuda asal Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, merakit pesawat model Ultralight dari mesin sepeda motor, menarik perhatian banyak pihak. Salah satunya dari Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Chairul diundang oleh Marsekal Yuyu untuk datang ke Jakarta. Dijadwalkan ia akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat Hercules pada Minggu (19/1/2020) siang.

“Terkait undangan KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada Saudara Chaerul, montir sepeda motor tamatan SD dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan yang mampu membuat pesawat swayasa ultralight dari bahan barang bekas dan mesin sepeda motor,” kata Kasubdispenum Dispenau, Kolonel Yuris, dalam keterangannya, Minggu (19/1/2020).

Rencananya usai tiba hari ini, pada Senin (20/1/2020) keesokannya, Chaerul akan melakukan kunjungan ke Lanud Halim Perdanakusuma dan melakukan joyflight. Lalu dilanjutkan dengan kunjungan ke KASAU di Mabes AU Cilangkap.

Chaerul berhasil membuat pesawat ultralight dengan menggunakan bahan-bahan bekas seperti roda gerobak pengangkut pasir, hingga sayap pesawat dari parasut bekas penutup mobil.

Sementara di dapur pacu, ia menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 CC.

Pesawatnya itu sempat diragukan bisa terbang karena dalam empat kali percobaan gagal mengudara.

Namun, di percobaan kelimanya, ia berhasil menerbangkan pesawat hingga sejauh 300 meter di atas pantai Ujung Tape Palameang.

Chaerul bahkan sempat diundang oleh Bupati Pinrang Irwan Hamid atas keberhasilan kerja kerasnya. Ia mendapatkan penghargaan khusus dari Irwan.

“Chaerul ini layak diapresiasi. Pemerintah sangat bangga dengan Chaerul. Dia inovatif dan kreatif. Mudah mudahan Chaerul ini mampu menginspirasi pemuda Pinrang yang lain,” kata Irwan usai bertemu Chaerul (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *