Awak kabin ini ungkap tempat-tempat paling jorok di pesawat

SYAKHRUDDIN.COM-JAKARTA, Kabin pesawat memang rutin dibersihkan, tapi potensi kuman tetap ada. Itu mengapa penumpang pesawat disarankan bebersih sekelilingnya dulu saat di kursi.

Apalagi jika penumpang sebelumnya bertindak jorok seperti dalam kejadian ini.


Buat yang peduli kebersihan dan higienitas niscaya sudah cukup tahu bahwa pesawat bukanlah tempat yang bersih-bersih amat.

Bahkan ada tempat-tempat tertentu yang berpotensi sarat bakteri dan kuman.

Hal itulah yang membuat para penumpang pesawat disarankan tetap membawa tisu pembersih antibakteri atau cairan sanitasi.

Nah, ketika sudah duduk di kursi pesawat ada baiknya pula penumpang mengelap lebih dulu hal-hal yang lazim atau akan dipegang.

Video viral dari akun Instagram @passengershaming ini menegaskan pentingnya penumpang pesawat untuk bebersih dulu ketika duduk di kursinya, mengingat entah apa yang sudah dilakukan oleh penumpang sebelumnya, sehingga meninggalkan potensi kuman dan bakteri.

Sering naik pesawat? Ada baiknya traveler menyimak saran dan bocoran berikut ini, agar bisa terhindar dari potensi kuman yang berkeliaran di dalam kabin pesawat terbang.

Seperti diberitakan Express.co.uk, situasi mengenai kebersihan di dalam kabin pesawat itu diungkap oleh seorang awak kabin yang tidak disebutkan namanya.

Ia membagikan informasi tersebut dalam forum Flight Attendant Secrets di Reddit.
Dikatakan pula bahwa awak kabin ini sudah menekuni profesinya selama enam tahun terakhir, dalam rute penerbangan jarak jauh maupun jarak pendek.

Ia merinci tempat-tempat yang dinilainya paling berpotensi sarat kuman di pesawat. Salah satunya area kursi.

“Kalau Anda terbang jarak pendek, sudah pasti bawalah tisu antibakteri atau cairan sanitasi,” katanya.

“Saya sudah lupa berapa kali harus mengatakan ke penumpang bahwa mengganti (popok) bayi di meja tarik atau di kursi adalah tindakan yang jorok,” ucapnya.

Ia juga menyarankan agar penumpang pesawat tetap memakai alas kaki, khususnya ketika pergi ke toilet. “Saya jamin, 9 dari 10 (kejadian), yang ada di lantai itu bukanlah sekadar air keran.”

Masih terkait area kursi, ia juga menyarankan tidak perlu menggunakan bagian kantong kursi yang berada di hadapan para penumpang pesawat, alias menempel pada kursi di depan. Ini juga merupakan tempat yang berpotensi sarat kuman.

“Saya senantiasa menyarankan jangan pernah menaruh atau mengambil apapun di kantong kursi. Sampahnya memang sudah diambil, tapi tidak pernah benar-benar ‘bersih’.

Saya seringkali harus mengambil atau melihat segala macam barang ditaruh di sana,” ucapnya (syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.