Warga Jabodetabek menyambut tahun baru dengan banjir

SYAKHRUDDIN.COM,JAKARTA – Intensitas hujan sejak malam hari hingga penggantian tahun baru mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memberi instruksi ke jajaran Pemprov DKI untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Sejumlah daerah di Jakarta dan sekitarnya yang mengalami banjir, Presiden Jokowi meminta pemda dan pemerintah pusat bersinergi mengatasi banjir.

Sementara itu, Kementerian Sosial RI, bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengirimkan bantuan kebutuhan dasar untuk warga terdampak banjir di DKI Jakarta dan Kabupaten Bandung Barat, serta wilayah berpotensi banjir di Provinsi Banten.

“Bantuan kebutuhan dasar secara bertahap kami kirimkan ke wilayah terdampak, sekaligus juga mengaktifkan dapur umum lapangan (Dumlap) dan menyiagakan personel Tagana untuk membantu evakuasi warga,” tutur Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam rilisnya, Rabu (1/1/2020).

Mensos Ari menjelaskan, bantuan bencana alam untuk DKI Jakarta telah dikirimkan dari Gudang Pusat Kemensos di Bekasi ke Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Total bantuan sebesar Rp750 juta terdiri dari bantuan makanan siap saji 2.000 paket, bantuan makanan anak 1.800 paket, mie 30 ribu bungkus, tenda gulung 500 lembar, peralatan keluarga 8.000 paket, selimut 200 lembar dan 100 paket sandang.

“Dapur umum untuk DKI Jakarta sudah berdiri dengan dikoordinir oleh Dinas Sosial DKI Jakarta.

Demikian halnya dapur umum untuk warga terdampak banjir di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bekasi telah berjalan, mulai pagi ini dengan dukungan Tagana dan Dinsos setempat,” tegasnya.

Mensos menjelaskan sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, dalam setiap kejadian bencana pemerintah harus segera turun memberikan pemenuhan kebutuhan dasar terhadap warga dan memastikan mereka ditangani dengan sebaik-baiknya. 

“Fokus penanganan adalah evakuasi pengungsi ke tempat aman, serta kelompok rentan yang terdiri atas lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnya,” katanya.

Kemensos mengerahkan seluruh Potensi Penanggulangan Bencana Alam. Yakni pengerahan personil TAGANA dan Sahabat TAGANA, KSB, Kendaraan Siaga Bencana, barang persediaan, alat evakuasi, alat dan sistem komunikasi bencana.

Sementara itu, Warga Depok Jawa Barat, menemukan seekor lele jumbo saat hujan deras pagi tadi. Lele tersebut kini diamankan di rumah warga Depok. Bagaimana ceritanya?

Penemuan lele jumbo ini viral di media sosial di akun infodepok_id. Video penemuan lele jumbo berukuran 1 meter itu dikirim oleh seorang warga Depok bernama Susan (28 thn).

Dalam video terlihat seorang pria mengenakan baju loreng sedang memperlihatkan ikan besar tangkapannya itu. Ikan lele tersebut ditimang agar tidak terlepas (syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.