Belanja pakai uang palsu, Perempuan AB diamankan Polsek Somba Opu

SYAKHRUDDIN.COM,SUNGGUMINASA – Perempuan AB  berhasil di bekuk pedagang karena  melakukan penipuan ketika berbelanja di Pasar Minasa Maupa, Sungguminasa, Kamis (26/12/2019) pagi tadi.

Pelaku diamankan ke kantor Polsek Somba Opu, karena kedapatan berbelanja menggunakan uang palsu di Pasar Induk Minasa Upa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Jumlah yang ia belanjakan tidak besar. Hanya Rp 5ribu sampai Rp10 ribu kepada setiap pedagang. Terlapor menyisir sejumlah pedagang di Pasar Minasa Maupa dengan uang Rp 100rb. Pedagang pun memberikan uang kembalian.

“Kalau belanja selalu menggunakan uang pecahan Rp100ribu, dan belanjaannya cuman Rp5 ribu,” kata Angga yang ditemui wartawan di Mapolsek Somba Opu, Kamis (26/12/2019) pagi.

Perempuan itu disebutkan sudah lama berbelanja di Pasar Minasa Maupa. Polanya sama, menggunakan uang Rp100ribu.

Belakangan, Angga pun mulai curiga. Hingga akhirnya ketika didapati, Kamis (26/12/2019) pagi tadi, Angga memutuskan memeriksa tas perempuan itu.

Sementara itu, Hariati telah melaporkan dugaan penipuan uang palsu ini kepada aparat Polsek Somba Opu.

Menurutnya, ada banyak korban penipuan uang palsu ini di Pasar Induk Minasa Maupa.

Hariati adalah warga Jl Swadaya 6 Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu.

.

Sejumlah pedagang yang diduga menjadi korban telah diambil keterangannya.

Polisi berhasil mengamankan uang yang diduga palsu senilai Rp 10 juta dengan pecahan uang Rp 100 ribu.

Kapolsek Somba Opu Kompol Syafei Rivai saat dikonfirmasi membenarkan perempuan berusia sekitar 40 tahun, berinisial AB, diamankan anggotanya, setelah ketahuan pedagang pasar Minasa Upa berbelanja menggunakan uang palsu, Kamis pagi tadi (26/12/2019).

“Sementara ini, Ibu yang diamankan berstatus terperiksa, ikut diamankan dari tasnya uang pecahan Rp 100 ribu yang berjumlah sekitar Rp 10 juta,” ujar Syafei.


Syafei menambahkan, untuk memastikan dugaan uang palsu yang diamankan dari AB, pihaknya akan mengonfirmasi Bank Indonesia, untuk pengecekan nomor seri uang tersebut.

Sebelumnya, video emak-emak terduga pengedar uang palsu ini viral di media sosial. Perempuan yang menggunakan kemeja merah dan kerudung hitam ini diamankan pedagang dan warga karena ketahuan berbelanja menggunakan uang pecahan Rp 100 ribu (berbagai sumber)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.