Banjir bandang hantam Wasior, warga ngungsi ke atas kapal di Pelabuhan

SYAKHRUDDIN.COM,TELUK WONDAMA – Tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyisir lokasi banjir yang terjadi di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat.

“Belum ada laporan terkait adanya korban, saat ini tim kami sedang di lapangan membantu warga melakukan evakuasi,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, George Leo Mercy Randang dikutip Antara, Senin (23/12/2019).

Kantor SAR Manokwari, menurut Leo, belum memperoleh informasi detail terkait musibah tersebut. Saat ini pihaknya masih menunggu dan timnya terus bergerak bersama warga.

“Tim kami bersama masyarakat serta potensi SAR yang lain membantu warga, kita evakuasi ke lokasi yang lebih aman. Mudah-mudahan tidak ada korban jiwa,” sambung Leo.

Banjir mulai terjadi sekitar pukul 20.30 WIT saat Sungai Anggris meluap akibat cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah tersebut. Untuk sementara sebagian masyarakat diungsikan ke Kapal Taqbot yang berlabuh di Pelabuhan Wasior.

Selain menggenangi rumah warga, banjir menutup sejumlah fasilitas seperti taman kota, pintu masuk menuju pelabuhan, serta beberapa fasilitas lain di pusat ibu kota kabupaten tersebut.

Teluk Wondama, terutama Wasior memiliki pengalaman buruk terkait musibah banjir. Pada Oktober 2010 silam wilayah tersebut porak poranda akibat banjir bandang (berbagai sumber)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.