Warga Desa Bahari Lutim, luluhlantak di landa banjir

SYAKHRUDDIN.COM,LUWU TIMUR – Sebanyak 68 anak sekolah menjadi korban keganasan air bah, rumah-rumah penduduk rata diterjang air yang datang tiba-tiba, serta lima orang, ibu rumah rumah tangga yang sedang hamil ikut hanyut.

Peristiwa alam yang membuat panik warga setempat membuat Bupati Luwu Timur dan undangan lainnya yang hadir menjadi tertawa, menyaksikan para pelaku “Simulasi Bencana” yang dilaksanakan pada acara “Pencanangan Kampung Siaga Bencana” yang berlangsung di Kamis (12/12/2019) di Desa Bahari Kecamatan Luwu Timur Kabupaten Luwu Timur, diawali dengan hujan buatan dari Damkar Kab.Lutim

Acara yang digagas Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan dan dukungan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Luwu Timur, telah menetapkan Desa Bahari Kecamatan Luwu Timur, sebagai lokasi Kampung Siaga Bencana (KSB) tahun 2019.

Acara pencanangan KSB, diikuti warga Bahari yang diawali dengan penyuluhan sosial dari narasumber yang berasal   Kementerian Sosial RI, diwakili Bapak Drs.Hendrasman,M.Si, dari Kabid Linjamsos, Abd.Rahman Saleh,SH,MM dan Praktisi dan Perintis Tagana Indonesia, Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si

Acara berlangsung di Aula Kantor Desa dan selanjutnya disimulasikan pada acara puncak pencanangan KSB ke-14 yang dihadiri Bupati Luwu Timur,Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, tamu undangan dari anggota DPRD Lutim, Pimpinan OPD dan Tim Forkompinda Kabupaten Luwu Timur.

Serangkaian dengan Pencanangan KSB di Desa Bahari, dilakukan perkemahan Tagana dengan Pola homestay, Tagana masuk Sekolah yang dikoordinir Tagana Utama, Abd Rahman Sulo dan Subhan Rahim.

Perkemahan Tagana  diikuti utusan Tagana Kabupaten Jeneponto, Sinjai,Wajo,Maros, Palopo dan Tagana se-Luwu Raya dirangkaikan dengan penyerahan bantuan logistik kepada Dinas Sosial PPK Kab.Luwu Timur, senilai Rp 66.507.078,- Bantuan peralatan untuk Forum Kampung Siaga Bencana Desa Bahari diterima ketuanya, Baso Pangerang,S.Sos dan penyerahan tahap ke IV Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp 4.778.000.000,- dan penyerahan Tali Asih Tagana se-Kabupaten Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur dan Kadis Sosial Provinsi Sulsel, Plt. Drs.H.Imran Jausi,M.Pd menyampaikan terima kasih atas peran serta segenap masyarakat dalam kegiatan KSB ke-14 dan terima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan Pemkab Luwu Timur.

Usai pencanangan dilanjutkan dengan simulasi bencana dan diakhiri dengan pnyerahan Pataka Tagana ke Bupati Luwu TImur sebagai tanda telah terbentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Bahari Kecamatan Luwu Timur (syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.