Diterima masuk dunia kerja, karena curiculum vitaenya unik

Banyak cara yang digunakan untuk bisa diterima bekerja disalah satu perusahaan, satu diantaranya, pria yang menulis curriculum vitaenya dalam bentuk ungkapan duka cita, hingga unik dan menjadi viral di media sosial.

Pria ini buat CV dengan “Tema Duka Cita”, Curriculum vitae atau CV adalah daftar riwayat hidup berupa dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

Pada umumnya CV dibuat semenarik mungkin. Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Harits Indi Pradana yang membuat CV bertema, kabar duka cita yang biasa ada di koran-koran.

Lewat akun twitternya @HIPradana, ia memperlihatkan CV uniknya itu. CV hitam putih tersebut dibuatnya pada 2014 silam untuk melamar pekerjaan.

“Ini CV gue jaman dulu lulus kuliah yang sukses menghantarkan saya masuk ke dunia kerja,” tulis Harits Rabu (20/11/2019).

Pria yang akrab disapa Dony itu tak menyangka bahwa CV-nya jadi viral di Twitter.

“Sebenernya niatnya bukan bikin thread, tapi sekedar sharing aja di twitter, eh taunya viral gitu. Nggak menyangka sama sekali, niatnya cuma sharing aja karena kebetulan nemu file nya di flashdisk jaman kuliah,” ungkap Donny saat dihubungi Kamis (21/11/2019).

Thread CV unik ucapan duka cita itu pun langsung mendapatkan Likes sebanyak 31,594, Retweet 16,542 dan 713 komentar. Sejumlah warganet mengomentari kreativitas Dony.


Berkat CV unik yang ia buat itu, dalam waktu singkat ia diterima bekerja di salah satu mal di Jakarta Barat. Ia merasakan sendiri manfaat dari mengirim CV unik yang terbilang cepat dapat panggilan kerja.Harits Indi Pradana dalam akun Twitter-nya @HIPradana  memperlihatkan CV ‘out of the box-nya’. Dia membuat CV bertema duka cita seperti di koran-koran. Setelah diunggahnya, curriculum vitae itu pun jadi viral.

Pria yang akrab disapa Dony itu menceritakan kepada rekannya, awal mula ia membuat CV tersebut. Ternyata, CV unik yang dibuatnya pada 2014 itu terinspirasi dari surat kabar.

“Ide temanya saat aku ke perpustakaan buat cari referensi CV, tapi rupanya internet lagi down, nggak bisa internetan.

Akhirnya aku baca koran, eh pas ada halaman berita duka cita tiba-tiba dapet inspirasi buat bikin CV yang modelnya mirip-mirip gitu.

Waktu itu mikirnya harus out of the box nih bikin CV biar cepet dapat kerja,” ungkap Dony saat dihubungi Kamis (21/11/2019).

Dony mengaku bahwa ia membuat CV dengan mengikuti layout umum dari berita kabar duka cita yang biasa terbit di koran. Ia menggunakan layout hitam putih agar mendapatkan kesan mistis dan haru.

“Aku buatnya yang simple, tapi eye catching gitu untuk ukuran CV, aku bikin sendiri, cuman 15 menit doang waktu itu bikinnya,” jelasnya.

Lewat CV tak biasa itu, mengantarkan pria lulusan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu bekerja di berbagai kantor bonafit. Di 2014, setelah Dony membuat dan mengirim CV tersebut, ia langsung diterima bekerja di sebuah mal besar di Jakarta Barat.

“Yang bagian interview kebetulan waktu itu orang Australia, dia tidak mengerti budaya lokal, tapi orang HRD-nya yang nemenin bilang, kalau CV itu kece,” kenang Dony.

Pria yang kini bekerja di salah satu perusahaan BUMN itu berpesan pada mahasiswa, agar juga bisa membuat CV yang menarik. Dony sudah merasakan sendiri manfaat dari CV yang unik.

“Yang fresh graduate, terutama anak design atau DKV bikinlah CV yang lain dari yang lain, karena CV yang unik biasanya banyak dilirik sama HRD, tetapi jangan lupa kontennya harus jelas. Ya banyak-banyak aja liat sekeliling, untuk cari inspirasi,” tutup pria lulusan desain komunikasi visual itu (bs/syakhruddin)

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.