Observasi masalah sosial Mahasiswa PMI di Tanjung Bayang

Observasi masalah sosial bagi mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Semester III Kelas A, Fakultas Dakwah & Komunikasi dipimpin langsung dosen pengampu mata kuliah “Metode Penelitian Sosial”, Dr. Syamsuddin. AB, M.Pd didampingi Drs. Abd. Wahab, MM dan Drs.H.Syakhruddin, M.Si, berlangsung di Tanjung Bayang, Minggu (17/11/2019).

Jumlah mahasiswa yang ikut dalam kegiatan observasi masalah sosial sebanyak 36 orang, observasi ini dilakukan untuk warga yang bermukim di Kawasan Tanjung Bayang, berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat lokal, pendidikan agama, budaya dan kesehatan bagi warga yang bermukim di lokasi pesisir.

DR Ian mengatakan, kegiatan yang ingin dicapai agar mahasiswa dapat memahami secara praktis  mengenal dan memahami tahapan wawancara, secara realitas pada dunia penelitian (riset), agar pada saatnya nanti, penelitian mendatang lebih mudah menyusuaikan diri dan menerapkan ilmu pengetahuan dan sasaran penelitian yang ada ditengah masyarakat.

A.Rahmatia dari Majene dan Ummul dari Bulukumba, keduanya mahasiswa semester III Jurusan PMI mengatakan, sangat antusias mengikuti kegiatan observasi, karena disini terjalin suasana kebersamaan diantara rekan-rekan, yang selanjutnya menjadi modal dasar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya pengembangan masyarakat.

Sementara itu, Suharyadi, SH.I yang menjadi pengelola administrasi jurusan, menyambut baik kegiatan yang dilakukan para dosen pengampu, “Ya demikianlah idealnya, sehingga para mahasiswa langsung mengenal suasana kehidupan di masyarakat, bukan hanya di kelas saja.” tuturnya.

Usai acara kegiatan observasi dilanjutkan dengan santap siang bersama di Baruga Akbar Tanjung Bayang Kota Makassar, dilanjutkan dengan pengenalan dasar-dasar ke-tagana-an (syakhruddin)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *