Anggota MPR Periode 2019-2024 resmi dilantik

Dengan masuknya tanggal 1 Oktober pada hari ini maka berakhirlah sudah masa jabatan anggota DPR dan DPD periode 2014-2019 untuk selanjutnya digantikan oleh para anggota terpilih periode 2019-2024.

Gabungan 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD yang akan dilantik pagi inilah yang disebut sebagai anggota MPR yang secara total berjumlah 711 orang. 

Kalau DPR mewakili sembilan partai politik yang lolos ke Senayan, para anggota DPD mewakili 34 provinsi yang setiap provinsi memiliki wakil sebanyak empat orang. 

Sesuai konstitusi, mereka dilantik hari ini, atau mendahului pelantikan presiden yang baru akan dilakukan pada tanggal 20 Oktober mendatang. 

Sejak akhir pekan mereka yang akan dilantik hari ini telah melakukan pendaftaran ke Sekretariat DPR dan DPD sekaligus mengikuti pembekalan untuk menjadi Wakil Rakyat dan Wakil Daerah.

Ruang rapat paripurna I Gedung ‘Kura-kura’ MPR yang terletak di dalam Kompleks MPR/DPR, Jakarta akan kembali menjadi saksi bisu pelantikan mereka setelah terpilih pada April lalu dalam sebuah Pemilu Legislastif.

Anggota MPR masa bakti 2019-2024 resmi dilantik. Total ada 711 orang yang mengemban tugas sebagai anggota MPR untuk 5 tahun ke depan. Anggota MPR terdiri atas 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD terpilih.

Pelantikan digelar di Ruang Paripurna I Gedung Kura-kura, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2019).

Sidang paripurna pelantikan anggota DPR 2019-2024 dipimpin oleh pimpinan sementara, Sabam Sirait (anggota MPR tertua) dan Hillary Brigitta Lasut (anggota MPR termuda).

Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono lalu membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR RI. Lalu 711 anggota MPR mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota MPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Berikut ini sumpah/janji anggota MPR masa bakti 2019-2024:

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Setelah itu, anggota MPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota. Lalu ada penyerahan memori MPR oleh pimpinan MPR periode 2014-2019 kepada pimpinan sementara MPR dan penandatanganan berita acara serah-terima. Kemudian pimpinan sementara MPR menutup sidang paripurna.

Pelantikan anggota MPR periode 2019-2024 disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Turut hadir pula beberapa tokoh undangan, seperti Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wapres terpilih Ma’ruf Amin, politikus Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK (bs/syakhruddin)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *