Lembaga Lansia terbentuk di Sulsel

Komisi nasional (Komnas) Lanjut Usia yang selama ini menaungi para orang tua usia lanjut, mengalami mati suri dengan dihapuskannya beberapa komisi-komisi di tingkat nasional oleh Kabinet Joko Widodo.

Menurut Dr Makmur Sunusi, mantan Dirjen Rehsos Kemensos RI menjelaskan, sesungguhnya Komnas Lansia tidak pernah dicoret oleh pihak Setneg.

Akan tetapi pada saat pengajuan untuk mendapatkan pengesahan dari Setneg, SK penggantian kepengurusan nasional, terdapat mal-administrasi.

Sehubungan dengan tidak mau dicantumkannya nama Khofifah Indar Parawansa, menjadi pengurus Lansia secara nasional, menjadikan Komnas Lansia di level nasional ikut terkubur.

Dari hasil penelusuran tentang nasib Komnas Lansia, informasi yang diterima, bahwa Komnas Lansia ikut terkubur dengan dihapuskannya sejumlah komisi, mengikuti nasib Komisi AIDS.

Untuk menjembatani potensi para Manula (Manusia Usia Lanjut) pasca Komnas, maka dibentuk sebuah lembaga/organisasi sosial (Orsos) yang diharapkan dapat menaungi potensi para lanjut usia.

Lembaga baru ini bernama “Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI)” dan untuk mendorong percepatan pembentukan diberbagai provinsi, maka didapuk mantan Menteri Sosial, Bachtiar Chamsjah untuk menakhodai lembaga ini.

Menindak lanjuti keputusan di level nasional, maka untuk pembentukan di Provinsi Sulawesi Selatan, ditugaskan DR H Makmur Sunusi, Ph.D

Alhamdulillah, pada hari Selasa 10 September 2019, dihadapan anggota Kapesos (Kerukunan Pensiunan Sosial) yang diikuti 75 peserta.

Bertempat di Aula BK3S Sulsel Jalan AP. Pettarani Makassar, mereka sepakat untuk membentuk Organisasi Sosial (Orsos) Lembaga Lanjut Usia Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

Setelah dilakukan sosialisasi dan pencerahan tentang landasan hukum dan hakekat terbentuknya LLI di tingkat pusat.

Maka para peserta sepakat menunjuk Drs. HM. Sewang Thamal, mantan Kadis Sosial Prov Sulsel sebagai Ketua, didampingi Sekretaris Drs. H. Syakhruddin. DN, M.Si dan bendahara Dra. Hj. Nirmawati dilengkapi beberapa wakil ketua dan Humas.

Hasil  kesepakatan anggota, selanjutnya dibuatkan berita acara pembentukan untuk disampaikan kepada Pengurus Pusat LLI di Jakarta, sembari kepengurusan di level Provinsi Sulawesi Selatan, akan melengkapi  personil yang akan menduduki bidang-bidang pengabdian sesuai kebutuhan daerah.

Dengan terbitnya SK pusat kelak, maka pengurus akan dikukuhkan langsung oleh Bapak Bachtiar Chamsyah, Mantan Mensos yang saat ini menjadi orang nomor satu di Lembaga Lansia Indonesia di Jakarta (syakhruddin).

Adapun LLI yang telah berjalan dengan baik yaitu, Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara dan menyusul Sulawesi Selatan (syakhruddin).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *