Teliti Racun Duri Lionfish, Mahasiswa UI Hasilkan Obat Anti Kanker Serviks

SYAKHRUDDIN.COM – Penelitian mahasiswa yang menghasilkan penemuan baru terus bertambah. Kali ini sekelompok mahasiswa Jurusan Teknik Bioproses Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( UI) menemukan obat anti- kanker serviks berasal dari racun duri ikan lionfish sebagai alternatif obat dari bahan alami. Mahasiswa UI tersebut terdiri dari tiga orang yang bernama Mustika Sari, Sarah Salsabila, dan She Liza Noer.

Mereka melakukan penelitian yang dilatarbelakangi meningkatnya kasus kematian di Indonesia yang disebabkan oleh kanker serviks. Menurut data tahun 2018 dari platform berbasis web Globoca, terdapat 32.469 kasus, sebanyak 18.279 kasus di antaranya berakibat meninggal dunia. Dijelaskan bahwa lionfish mengalami species invasive dengan tingkat reproduksi dan distribusi yang tinggi sehingga menyebabkan ledakan populasi mencapai 700 persen.

Ledakan populasi itu mengakibatkan ketidakseimbangan ekosistem dan penurunan populasi ikan lokal sehingga bisa menimbulkan kerugian bagi nelayan sekitar. “Berangkat dari permasalahan tersebut, kami menggali literatur terkait penggunaan lionfish sebagai alternatif obat dari bahan alam.

Terlebih lagi, pengobatan melalui kemoterapi juga belum sepenuhnya efektif karena efek samping yang dihasilkannya,” ucap Mustika, seperti dipublikasikan laman resmi UI, Rabu (21/8/2019).

SUMBER : KOMPAS.COM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *