Suasana sholat subuh di Masjid Besar Al-Abrar Jalan Sultan Alauddin Makassar, Jumat (31/5-2019), terasa agak istimewa.

 

Sang ustaz DR H Suf Kasman, M.Ag membawa timnya, untuk meliput kegiatan dakwahnya, sebagai upaya lebih mempopulerkan dakwah melalui youtube.

Lima kru yang datang dengan perangkat kamera yang canggih, langsung dipasang di tiang tripod, sementara dua orang lainnya melakukan shoting kepada Pak Ustaz dan anggota jamaah yang hadir.

Tampil dengan sorban putihnya yang dipadu dengan gamis hitam, laksana Pangeran Diponegoro atau gaya sorban Imam Bonjol, tutur jamaah.

Ustaz Suf Kasman langsung mengupas tema “ ada 400 kesalahan yang dilakukan orang yang melaksanakan sholat”

Dalam Al-Quran disebutkan yang artinya “ Celakalah orang yang tidak khusyu dalam sholatnya”,bisa dibayangkan, Orang sholat saja celaka, apalagi dengan yang tidak sholat.”

Seperti yang dilansir di youtube, ada masjid yang melakukan sholat tarwih dengan jumlah 23 rakaat dan waktunya hanya tujuh menit, jadinya dapat disebut masjid panter (cepat sekali).

Demikian halnya dengan mereka yang melintas di depan orang yang sholat, masya Allah itu dosanya luar biasa.

“Ustaz Kasman lalu mencontohkan bagaimana menahan orang yang akan melintas saat kita sedang sholat” maka keluarkanlah tangan Anda.

Tidak perlu demonstratif dengan mengeluarkan tangan yang menggambarkan ikon dari pasangan calon Presiden, seperti ini, sambil mencontohkan posisi jarinya, nanti di bilang jamaah sedang kampanye dalam sholat.

Lebih lanjut, Ustaz Suf Kasman, M.Ag melakukan testimoni kepada jamaah, sambil mengajukan pertanyaan :

“Mana yang lebih duluan tiba di lantai di saat sujud” Apakah tangan duluan atau lutut duluan.

Jawaban jamaah terbagi;

“ Yang lanjut usia yang dimotori H.Koke, ngotot lutut duluan, sementara jamaah lainnya yang masih terlihat kekar, mengatakan tangan duluan.

Keduanya lalu mendapatkankan penjelasan melalui Hadis Nabi Muhammad SAW.dan setelah dibacakan hadisnya lalu para jamaah puas, “Karena kaki duluan atau tangan duluan,” sama sama sahih hadistnya, ujar Suf Kasman yang membuat jamaah merasa puas.

Liputan terus berlangsung dari sektor kiri dan kanan, dan bagaimana dengan kesalahan lainnya dalam sholat, akan dibahas pada pertemuan mendatang, tuturnya (Syakhruddin 081 2424 5938)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>