PRESIDEN BATAL KE GORONTALO :

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa (18/12/2018) mengkonfirmasi jika Presiden,Joko Widodo membatalkan kunjungannya ke Provinsi Gorontalo, berkaitan dengan Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tanggal 20 Desember 2018.

“Dari protokol tadi datang ke Gorontalo yang kehadirannya untuk mempersiapkan kedatangan Presiden. Tetapi begitu turun dari pesawat mendapatkan berita bahwa Presiden untuk sementara ditunda ke Gorontalo,” katanya.

Meski Presidan batal berkunjung, ia memastikan bahwa pelaksanaan HKSN 2018 tetap akan berlangsung meriah.

“Waktu HKSN 2017 di Jawa Timur kebetulan saya hadir, itu pada awal-awal sudah terjadwal. Tetapi begitu pada waktunya, langsung ada kegiatan lain dan diwakili Puan (Menko PMK).

Terkait dengan pelaksanaan rangkaian kegiatan HKSN, ia menilai sejauh ini berjalan cukup meriah.

Ada empat kabupaten dan kota yang dinilainya sukses menggelar Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS), yang dihadiri oleh ribuan orang.

“Pelaksanaan LBKS diminati dan dihadiri oleh ribuan masyarakat. Karena hampir semua masyarakat diberikan sumbangan berupa ; Kursi roda, alat bantu dengar, kacamata bagi lansia, sembako dan lain -lain,”

Dilaporkan bahwa LBKS sebagai rangkaian peringatan HKSN 2018 diawali dari Kabupaten Pohuwato pada 14 Desember 2018.

Kemudian berlanjut di Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo pada 18 Desember 2018. Kegiatan HKSN digelar di Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bone Bolango.

Mensos diterima secara adat Mopotilolo : Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita bersama tim dari Kementerian Sosial RI, menghadiri Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) di Provinsi Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan kunjungan Mensos akan berlangsung dua hari, dengan agenda menghadiri diskusi refleksi kesetiakawanan sosial di Gedung Pertemuan Rumah Jabatan Gubernur, Kota Gorontalo, Rabu malam.

Pada acara tersebut, Agus Gumiwang dijadwalkan untuk memberikan penghargaan bagi kepala daerah dan tokoh masyarakat yang berjasa di bidang sosial.

Sedangkan pada Kamis (20/12/2018), Mensos bersama rombongan akan menghadiri puncak HKSN 2018 di gedung olahraga David-Tonny Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Mensos diterima secara adat Mopotilolo saat berkunjung ke Gorontalo, Rabu sore.Mopotilolo merupakan upacara penyambutan bagi pejabat negeri yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo, Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat, U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Tiba dengan penerbangan Garuda Indonesia sekitar pukul 17.30 Wita, Mensos Agus bersama rombongan diterima di ruang VVIP bandar udara lama.

Gubernur Gorontalo sudah menunggu bersama pemangku adat dengan tabuhan genderang dan psan-pesan adat sebelum dipersilahkan masuk keruangan. Jamuan teh dan kue tradisional Gorontalo disajikan sebagai pembuka dalam prosesi adat.
Selanjutnya, Mensos diberi petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa agar senantiasa diberi kesehatan dan dijauhi dari bahaya.

Kadis Sosial PPA Provinsi Gorontalo Risjon A Sunge menjelaskan, rangkaian acara HKSN akan dimulai pada tanggal 14 Desember

dengan kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) yang diawali di Kabupaten Pohuwato. Kegiatan yang dilakukan setiap hari secara bergilir di lima kabupaten/kota lainnya.

“Akan diisi dengan pemberian sembako, alat disabilitas seperti kacamata, kursi roda, tongkat, alat dengar. Berikut juga ada pakaian sekolah, sarana air bersih, jamban keluarga dan pembangunan rumah layak huni,” beber Risjon selaku Ketua Panitia HKSN 2018.

Pada 18 Desember dijadwalkan peresmian rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) bagi 45 kepala keluarga di Gorontalo Utara.

Pelaksanaan LBKS akan berakhir di Bone Bolango pada 19 Desember ditandai dengan Bulan Bakti Kesetiakawan Sosial (BBKS).

Laporan Syakhruddin HP 081 2424 5938.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>