Sebentar lagi Gubernur Sulawesi Selatan dua periode akan mendapatkan gelar dari Kampus Merah Unhas dengan gelar “Profesor”  sehingga kelak akan  bernama lengkap “Profesor Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH,M.Si, MH.

Ketua Dewan Profesor Unhas, Prof. Abrar Saleng mengatakan, mengaku sudah merapatkan rencana pemberian gelar tersebut. Jajaran Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin tempat dimana SYL menempuh pendidikan, mengakui kalau Gubernur dua periode memiliki prestasi dan reputasi dibidang pemerintahan.

Proses pemberian gelar profesor ini masih akan melalui beberapa tahapan, diantaranya usulan dari fakultas lalu masuk ke rektor, lanjut ke senat akademik. Dari sana kemudian diteruskan ke dewan profesor, lalu dikaji tentang kelayakannya. Hal ini tentunya tak perlu dipersoalkan karena samaji dengan gelar doktor honoris causa, ungkap guru besar Fakultas Hukum Unhas.

Secara terpisah, Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu membenarkan rencana pemberian gelar kepada Syahrul. Kata dia, ini merupakan inisiasi dari Unhas. Inisiasinya langsung dari senat dan Fakultas Hukum. Saya tidak tahu bagaimana prosesnya sekarang, ungkapnya.

Sebelumnya dibeberapa acara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo sempat menyampaikan akan mendapat gelar profesor dari Unhas, bagaimana kenyataannya, kita nantikan prosesnya lebih lanjut.

Pada kesempatan terpisah, Syahrul tak menampik adanya rencana jadi profesor, bahkan menurutnya dirinya layak, sebab selama menjabat di pemerintahan dirinya selalu menerapkan ilmu tata negara.

“Saya mendapatkan dua gelar doktor honoris causa dari Malaysia bidang hukum tata negara dan pemerintahan, saya punya 16 buku yang saya tulis sendiri, wajar jika saya mau dikasih gelar profesor, tuturnya saat ditemui di rumah jabatannya , Sabtu (21/1).

Menjadi seorang profesor lanjut  Syahrul, bukan hanya sekedar dikukuhkan, namun bagaimana mempertanggungjawabkan ilmu sebagai seorang profesor.

Ketua Dewan Profesor Unhas, Prof Abrar Saleng, mengaku jika rencana itu masih dalam proses usulan, karena yang menentukan gelar itu adalah Menristek Dikti, jika proses seleksi di Unhas telah tuntas, tuturnya.

Menurut Prof Abrar “proses seleksinya tetap ada, saya kira tidak perlu dipersoalkan, semua kelengkapan akan kami periksa” katanya.

Selamat menantikan gelar baru untuk Gubernur Sulsel dua periode,  kelak akan memiliki nama lengkap : Prof. DR. H. Syahrul Yasin Limpo,SH, M.Si, MH Daeng Kawang (Penulis Syakhruddin Daeng Lurang HP 081 2424 5938)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>