Menjelang akhir bulan November 2017 merupakan saat-saat tersibuk di Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (PMI-Kessos) berhubung di bulan Desember 2017 akan dilaksanakan wisuda sarjana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rabu 29 November 2017 bersamaan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun Korpri, Penulis menguji sebanyak empat orang mahasiswa Jurusan PMI-Kessos, diantaranya Muhammad Haris Dg Pawero anggota Sekurity UIN Alauddin Makassar yang memilih jalur nonreguler.

 

Selanjutnya Zahrati Adawia dari Kota Palopo, yang diakhir paparan sempat meneteskan airmata kebahagiaan, kemudian menyusul Enjelia yang lebih akrab disapa Enjel dan yang terakhir Sdr. Muhammad Arfah dari Bontonompo.

 

Para peserta ujian setelah dinyatakan lulus diberi waktu sampai tanggal 6 Desember 2017 untuk menyempurnakan hasil karya mereka, selanjutnya ditandatangani oleh para pembimbing dan penguji, selanjutnya mengikuti acara wisuda.

 

Banyak hal yang menarik dalam dialog dalam ujian tertutup, salah seorang ditanya oleh tim penguji, malah balik bertanya : ” Jangan maki tanya itu Pak, ??? saya tidak tahu, ujarnya dengan polos.

 

Sementara ada pula peserta ujian, yang diminta untuk membaca tahiyat akhir, yang setelah dilafalkan dihadapan penguji malah terputar-putar, sehingga mengundang tawa para penguji. Adapula yang saat disuruh menghafal ” Ayat Kursi “ mengaku tidak tahu. Akhirnya diminta anak salah seorang dosen untuk menghafalkan, tapi calon wisudawan memprotesnya, ” Jangan bandingkan saya dengan anak-anak bu,” tuturnya yang disambut suara geeeer dari penguji.

Hal yang lebih mencengangkan lagi, tak kalah seorang anggota sekuriti diminta untuk mencontohkan cara hormat yang benar, kemudian diperintahkan untuk menghafal “Pancasila” dengan terbata-bata mengucapkan dan itupun diulang sampai tiga kali baru benar.

Saya tidak pernah menyangka kalau ujiannya seperti itu, saya grogi tadi komandan, katanya usai mengikuti ujian.

Dari keseluruhan peserta ujian, akhirnya tim penguji dan pembimbing menyatakan para peserta ujian ini dinayatakan lulus dan berhak menyandang gelar sarjana sosial. Dalam waktu dekat akan mengikuti acara yudisium oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi DR H Abd Rasyid, S.Ag, M.Pd, M.Si, MM dan selanjutnya mengikuti acara wisuda di salah satu hotel di  Kota Makassar (syakhruddin hp 081 2424 5938 )

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>