Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (PMI/Kessos) melaksanakan kegiatan praktikum pada Balai Kesehatan Tradisional Makassar (BKTM) yang diterima Kepala Balai diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, Dr. Aminah  bertempat di Aula BKTM Jalan Perintis Kemerdekaan Km 11 Makassar.

Rombongan kali ini dipimpin langsung Sekretaris Jurusan PMI/Kessos, DR Syamsuddin AB, M.Pd didampingi para dosen dan praktisi sosial masing-masing Drs H.Syakhruddin.DN, M.Si Drs. Abd Wahab Awing, MM, Nuryadi, S.Sos, MA dan Syahrur, S.Sos, M.Si serta staf administrasi Suharyadi, SH.

Usai penerimaan selanjutnya para mahasiswa mendapatkan penjelasan tehnis dari Kepala instalasi Unit Pelaksana Teknis Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (UPT-BKTM) yang membawahi 18 provinsi di Indonesia.

Balai Kesehatan Tradisional Makassar (BKTM) Makassar adalah unit pelaksana teknis  di bidang kesehatan tradisional masyarakat yang secara administrasif dibina oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Kementerian Kesehatan RI.

BKTM mempunyai visi pengembangan pelayanan kesehatan tradisional alternatif dan komplementer yang aman dan bermanfaat menuju masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Kepala Instalasi BKTM, DR. Nurwana alumni Unhas tahun 1991 mengatakan, bahwa awalnya BKTM hanya terdiri dari satu kamar  dan berkat perjuangan akhirnya mendapatkan gedung yang sangat refresentatif yang terdiri Gedung A-B-C dan D termasuk didalamnya laboratorium dan pemantauan.

Lebih Lanjut DR. Nurwana menjelaskan, jumlah personil yang tersedia saat ini sebanyak 63 orang, selain itu terdapat tenaga honorer sebanyak 27 orang, dan mereka merupakan tenaga teknis yang memperkuat BKTM Makassar.

Berbagai temuan tradisional yang ada di masyarakat seperti minum jamu, akupuntur dan disini akan terus diteliti dan ditingkatkan melalui penelitian berkelanjutan.

Dikatakan, dalam sepuluh tahun terakhir yang lebih banyak mengalami akupuntur untuk meningkatkan kebugarannya sebanyak 86 orang.

Usai mendapatkan materi dari Dr Nurwana, selanjutnya para peserta menuju ke tempat parktikum untuk mendapatkan penjelasan teknis dari masig-masing penanggungjawab,.

Peserta dibagi dalam empat kelompok yaitu : Kelompok I meninjau Poliklinik, Kelompok II  Akupuntur,  Kelompok III Akupreseur/Spa dan Kelompok IV Herbal (syakhruddin HP 081 2424 5938)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>