Hari Sabtu 22 April 2017 Bapak Soepomo Guntur mantan Wakil Walikota Makassar, berpulang kerahmatullah dalam usia 63 tahun di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.

 

Almarhum menjabat Wakil Walikota Makassar Periode 2009-2014,  lahir di Jeneponto 13 Desember 1954 dan meninggal dunia Sabtu 22 April 2017 dalam usia 63 tahun.

 

Drs H. Supomo Guntur, MM yang akrab disapa Karaeng Sewang menghembuskan nafas terakhir di RS Bhayangkara Sabtu 22 April 2017 Pukul 14.00 Wita, jenazahnya kini disemayamkan di rumah duka Jalan Daeng Tata I No. 6 Kompleks Tirta Mas Makassar.

 

Menurut putranya Sulyadi Perdana Putra Kesuma Supomo, sakit asam lambung yang diderita selama ini kambuh. Namun dokter tiga hari lalu mengdiagnosis, almarhum kena stroke ringan, tutur Sulyadi yang kini menjabat Kepala Bidang Penataan Ruang dan bangunan pada Dinas Penataan Ruang dan Bangunan Kota Makassar.

 

Almarhum meninggalkan seorang isteri dan empat orang anak serta empat orang cucu dan jenazahnya akan dikebumikan hari ini, Minggu (23/4) di kampung halamannya di Desa Bonto Matene Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.

 

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo turut melayat almarhum Supomo Guntur di Jl Daeng Tata 1 Blok V No 6, Kelurahan Bonto Duri Kecamatan Tamalate Makassar Sulsel, Sabtu (22/4/2017).

 

Syahrul memakai baju gamis hitam, syal hijau dengan songkok hitam. Mantan Ketua Golkar Sulsel ini memandangi wajah mantan Ketua Golkar Makassar di pembaringannya.

 

SYL menyalami para pelayat kemudian masuk ke kediaman Supomo. Di hadapan jenazah Syahrul sempat memegang dan mendoakan almarhum lalu berbincang bersama Istri dan anak-anak Supomo Guntur.

 

Supomo Guntur, meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara, Jalam Mappaouddang Kota Makassar Sulsel. Karaeng Sewang demikian sering disapa harus menyerah atas penyakit diabetes yang dideritanya.

 

Beberapa waktu terakhir ini, Supomo Guntur Karaeng Sewang, yang merupakan mantan wakil walikota Makassar periode 2009-2014, sudah bolak balik menjalani perawatan di rumah sakit.

 

Sekitar 2 tahun lalu, Karaeng Sewang juga dilarikan di rumah sakit akibat luka di kakinya. Penyakit diabetes yang dideritanya membuat lukanya sulit sembuh.

 

Beberapa tokoh sempat menjenguk Karaeng Sewang, termasuk Walikota Makassar Danny Pomanto. Dalam karirnya sebagai birokrat, Supomo Guntur Karaeng Sewang termasuk sukses dengan menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar mendampingi Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin.

 

 

Periode kedua pemerintahan Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, dia digaet Ilham Arief Sirajuddin sebagai wakil Walikota Makassar. Kala itu, Duet Ilham-Supomo akrab dengan tagline IASmo.

 

Karir politik Supomo Guntur Karaeng Sewang berlanjut dengan menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Makassar. Saat menjabat sebagai Ketua Golkar Makassar, Supomo Guntur Karaeng Sewang sempat maju bertarung sebagai calon Walikota Makassar berpasangan dengan Kadir Halid.

 

Namun, saat itu, Supomo Guntur yang didukung penuh mesin Golkar dikalahkan oleh pasangan Danny Pomanto-Syamsu Rizal MI. Setelah pertarungan di Pilkada Makassar, karir dan sepak terjang Supomo Guntur Karaeng Sewang di gelanggang politik Makassar seolah meredup. Termasuk sakit diabetes yang terus menderanya.

 

Ketika menjabat sebagai pejabat publik, Supomo Guntur Karaeng Sewang menjadi kenangan. Dengan pribadinya yang tegas dan blak-blakan membuat dirinya disegani.

 

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Supomo Guntur merupakan salah satu pejabat yang dikenal taat pada aturan dan tidak tedeng aling-aling pada penegakan apa yang sudah digariskan.

 

Atas dasar ketegasan itulah, Supomo Guntur Karaeng Sewang yang maju di Pilkada Makassar bergandengan dengan Ilham Arief Sirajuddin seolah tak ada lawan, Selamat Jalan Karaeng menuju Karaeng Malompoa ia Karaeng Si Tojeng-Tojeng-Nga …..Salamaki !!!

 

Mangkasara, (Minggu, 23 April 2017)

By Syakhruddin DN  HP 081 2424 5938

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>