Tiada terasa sudah sepuluh tahun atau satu dekade kehadiran Jurusan Kesejahteraan Sosial pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar  yang saat ini menggunakan nama dengan Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (PMI/Kessos).

 

Besok, tepatnya pada hari Senin 3 Maret 2017 aktifis dari Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang dikomandoi Irfan melaksanakan Peringatan One Decade Kessos di Kampus Bermartabat Samata Kabupaten Gowa.

 

Mereka mengegelar konser musik, donor darah, Dapur Umum Lapangan (Dumlap) bersama anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta seminar sehari bersama Yayasan Kalla Makassar.

 

Mereka melakukan kegiatan dengan dukungan dari Jurusan dan sumbangan lain yang tak mengikat, semua ini dilaksanakan dengan harapan memberikan nuansa tersendiri terhadap pengembangan profesi pekerjaan sosial yang berada dalam naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

 

Adalah suatu keniscayaan dimana Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial saat ini tengah berjuang untuk berdiri sendiri dan berada dalam naungan Kemenristek

 

Upaya kearah kemandirian sudah dilakukan dengan berbagai tahapan dan saat ini tinggal menantikan keluarnya Surat Keputusan Kemenristek  untuk menyatakan bahwa Jurusan Kesejahteraan Sosial telah berdiri sendiri tanpa embel-embel konsentrasi.

 

Semua ini tentunya membutuhkan dukungan dan partisipasi semua pihak termasuk didalamnya peran serta lembaga/institusi sosial seperti Kementerian Sosial untuk memberikan dukungan penuh akan kehadiran jurusan kesejahteraan sosial.

 

Seperti diketahui hingga saat ini telah banyak alumni yang mengabdi di tengah masyarakat, ada yang bekerja di instansi sosial ada pula yang bergerak sebagai Pendamping Program Keluarga Harapan maupun Pendamping Kesejahterana Sosial Anak (PKSA) sesuai dengan jurusannya masing_masing.

 

Selamat kepada Pengurus HMJ semoga senantiasa sukses dalam melaksanakan amanah organisasi dan berhasil dalam mengembangkan profesi pekerjaan sosial yang menganut pola membantu orang lain untuk membantu dirinya sendiri.

 

Makassar 2 April 2017

by syakhruddin. dn

NID 9920 100 338

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>