Nama lengkapnya Ny. Hadijah Muhtar Daeng So’na usia (74 thn) Jumat 27 Januari 2017 Pukul 12.40 wita menghembuskan nafasnya yang terakhir di ruang ICU Jl. Abdul Kadir No 70  Kelurahan Balang Baru Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

 

 

Almarhumah meninggalkan delapan orang anak dari dua orang mantan suaminya, dari suami pertama alamrhum  H.Hamid mendapatkan lima orang anak dan dari suami kedua Almarhum H.Muhtar Waliati Dg Rowa melahirkan tiga orang anak.

 

Anak pertama dari suaminya Muhtar Waliati melahirkan Nurhadi yang akrab kami panggil “Pappa” dan disinilah jenazah almarhum disemayamkan,,

 

Alamatlengkapnya di Kompleks Perumahan Pao-pao Blok G No 36 Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

 

Dua hari menjelang kepergiannya kami diajak ceritera ceritera tentang pentingnya silaturahmi dan menjaga hubungan antar keluarga.

 

Almarhumah Daeng So’na selalu saja membuat kami tersenyum di rumah sakit. Menjelang akhir hayatnya banyak menceriterakan tentang para nenek dan datuk yang sudah lama mendahului.

 

Bagaimana Nenek Baji, Nenek Sibo dan Kakek Sila, semuanya disampaikan dengan gaya bertutur yang khas.

 

Sesekali kami menyeka rambutnya yang sudah memutih dan mengatakan “Masih Cantik Tante” dan iapun tersenyum dikulum.

 

Ketika menjelang pagi di hari Jumat 27 Januari 2017 kondisinya sudah mulai kritis, ia dipindahkan dari ruang perawatan ke kamar ICU (Intensif Care Unit) Rumah Sakit Wisata UIT Makassar.

 

Ketika kami datang, matanya sudah mulai redup dan nafasnya sudah di bantu dengan Oksigen.

 

Setelah menuntun dzikir-dzikir dan pamit untuk menunaikan sholat Jumat, menjelang akhir khutbah kondisinya makin gawat dan begitu Imam Mesjid mengucapkan salam, nafas terakhirnya juga sudah dihembuskan “ Innalillahi wainna ilahi rajiun, “ selamat jalan tante ku tercinta.

 

Almarhumah lalu dimandikan di rumah sakit (Jene sala’ ) Kata orang Makassar, selanjutnya dinaikkan ke ambulans dan dibawa ke rumah duka di Kompleks Perumahan Pao-pao Blok G9 No 36 Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

 

Tepat pada hari Sabtu 28 Januari 2017 bertetapan dengan Peringatan IMLEK jenazah almarhumah dimandikan lalu disholati di Mesjid Nurul Musawir dan diantar ketempat peristirahatan terakhir di Pekuburan Islam Pabbangngiang Kabupaten Gowa, selamat jalan Tante So’na

Turut hadir melayat keluarga Besar Kementerian Agama Kabupaten Gowa, sanak famili dari berbagai daerah serta Ketua Jurusan PMI/Kessos Ibu St Aisyah BM beserta suaminya (sdn)

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>