Peristiwa penanggalan Islam 12 Rabiulawal setiap tahunnya, selalu diperingati dalam nuansa Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

  2

3

4

5

6

7

 

 

 

Sebagaimana pada edisi tahun ini bertepatan dengan penanggalan hijriah 12 Desember 2016 yang kami juluki dengan edisi 1212.

Hari ini pula kami catat sebagai hari dimana “Uang panai atau Leko caddi” atau “Mappetuada” dalam edisi Bugis dan Makassar sudah diantar dari keluarga Fidian Bin Haji Muhammad Hasbi kepada calon mempelai perempuan an. SUSI di Kawasan Jalan Sultan Alauddin (depan LP) Makassar.

Kami tidak lagi ke Limbung akan tetapi menunggu di depan rumah kediaman Haji Sirajuddin (Pensiunan Pegawai Dinas Sosial) di Jalan Sultan Alauddin dan sejurus kemudian, muncullah rombongan dari keluarga besar Haji Muhammad Hasbi Turky Daeng Beta bersama sanak famili dari pihak isterinya Hj. Januari Daeng Kontu.

Ditempat ini pula bertemu dengan Ny. Fachruddin Daeng Ngerang (Hj. Kenang) yang sudah mulai sepuh namun selalu saja memiliki semangat ceria.

FIDIAN dan SUSI akan melangsungkan pernikahan pada tanggal 5 Maret 2017 mendatang di Training Center Kampus I Universitas Islam Negeri Alauddin Jalan Sultan Alauddin Makassar.

Tentunya pada saat itu bakal lebih ramai lagi, karena mengantar saja uang belanja sudah menggunakan “Gandrang”

Gandrang merupakan pengiring pengantin atau hadir pada setiap acara kebesaran. Gendang dua buah dan peniup satu orang yang disebut dengan “Pui-Pui” ini hampir selalu hadir disetiap acara atau pesta yang dilaksanakan dikalangan Bugis Makassar.

Fidian Bin Muh. Hasbi adalah pegawai pada Dinas Sosial Provinsi Sulawsi Selatan sementara SUSI calon isterinya baru saja menyelesaikan pendidikannya di Perguruan Tinggi.

Usai acara “memabawa uang panai” atau “Leko Cadddi” kami melanjutkan ke rumah kediaman Sdr. Syamsul yang beralamat di Kawasan Perumnas Blok AB Makassar.

Kunjungan ke rumah kediaman Syamsul atas lahirnya anak kelima dari Sdr. Syamsul. “Disana sempat ngalor ngidul tentang perjalanan karier, apalagi Syamsul adalah mantan anak buah saya yang cerdas, khususnya terhadap pencatatan peralatan bencana.

Sementara untuk malam harinya menghadiri acara pesta perkawinan H.teruna Jaya Harris di Hotel Singgasana Makassar, sehingga edisi 1212 dapat dikatakan edisi “kondangan” di hari peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 2016.

Menjelang petang hari, datang Sdr. Haerati, S.Sos dari Dinas Sosail Provinsi Sulawesi Selatan, datang bersama  anaknya yang akan meminjam tenda komando untuk kegiatannya di Bego Maros, salamaki.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>