Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), DR H Ilham A Gazaling MSi membuka dengan resmi Sosialisasi Penanganan Bencana Bagi Orsos dan Relawan Sosial bertempat di Raising Hotel, Jalan Racing Center No 31 Makassar, Selasa (27/9/16).

sosialosasi1

Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 orang peserta dengan rincian dari Karang Taruna (6), Pekerja Sosial (3), TKSK (5) Tagana (13), Pendamping Sosial (4) dan Dinsos 23 Orang.

Kegiatan yang berlangsung dua hari menampilkan 4 orang narasumber masing-masing dari Polda Sulsel, Pemerhati Bencana, BNPB dan dari Dinsos Sulsel.

Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa dan laporan panitia pelaksana yang disampaikan Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Drs H Sabaruddin MM.

Kadinsos, Andi Ilham Gazaling dalam kesempatan tersebut mengatakan, ke depan Tagana harus memiliki spesialisasi dalam penanganan bencana, sehingga dalam suatu peristiwa bencana tidak mesti seluruhnya harus hadir.

Seperti pada kasus banjir, maka Tim Water Rescue harus lebih awal menempati posisi, kemudian tim shelter menyusul, dapur umum lapangan dan tim psikososial pada posisi berikutnya.

Pada seision pertama para peserta mendapatkan informasi dari AKBP Drs Sunarno SH MH, Kabag Analisis Dit Lik Polda Sulsel tentang bagaimana peran relawan dalam penanganan bencana disusul penyajian tentang pembentukan character building bagi petugas bencana dari Pemerhati Bencana Sulsel (syakhruddin)

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>