Kadis Sosial Provinsi Sulawesi Selatan Drs H Andi Ilham A Gazaling M.Si telah memerintahkan Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos) Drs H Sabaruddin MM untuk  mempersiapkan pengembangan Tagana berbasis kampus.

MAKASSAR, 23/5 - SIMULASI TAGANA. Sejumlah Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengangkat perahu karet saat simulasi bencana pada Apel Siaga Bhakti Sosial Tagana Regional Tengah dan Timur di Lapangan Karebosi Makassar, Sulsel, Rabu (23/5). Apel siaga yang dihadiri langsung Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri tersebut, diikuti 22 provinsi se Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, Kementrian Sosial juga memberi bantuan Rp5,570 miliar untuk forum keserasian sosial pada 11 kabupaten/kota se Sulsel.  FOTO ANTARA/Yusran Uccang/12

 

tgn3

tgn2

Permintaan tersebut untuk menindaklanjuti instruksi Gubernur Sulsel, agar di setiap kampus di Kota Makassar ada Satgas Tagana yang secara simultan akan bergerak baik dalam kondisi prabencana, saat maupun pascabencana.

Kehadiran Tagana di kampus saat ini, sudah dirintis tiga tahun silam oleh Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) khususnya pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada Jurusan Kesejahteraan Sosial.

Kehadiran Tagana di ‘Kampus Bermartabat” sebagai tindak lanjuti dari Momerandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Dakwah dengan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan yang kalah itu Kepala Dinas Sosial dijabat oleh Drs H Mappagio M.Si

Seperti diketahui Tagana Kampus UINAM dalam kiprahnya telah banyak berkontribusi terhadap penanganan bencana dan menjadi tim sopporting pada Tagana Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Saat ini, para aktifis Tagana di kampus tersebut tengah mengembangkan pola penanganan korban pascabencana terutama pada penanganan “Psikososial” yang merupakan salah satu jurusan pada FDK khususnya pada jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (PMI/Kessos)

Dengan adanya latihan bersama dari berbagai kampus di Kota Makassar maka ke depan dapat digagas secara bersama, lomba dan jambore Tagana berbasis kampus sekaligus ajang sharing informasi terhadap pengembangan ke-Tagana-an dan memperkuat personil sebagai “Sahabat Tagana”

Kedepan Tagana Kampus  diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran terutama dalam kaitannya bidang profesi pekerjaan sosial.

Untuk kesempatan pertama akan dilatih sebanyak 90 orang utusan dari tiga kampus yang berbeda di Kota Makassar dan hal itu dalam dilaksanakan dengan sharing budget dengan pihak perguruan tinggi, tutur Andi Ile (syakhruddin)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>