Diskusi Publik Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa melaksanakan kegiatan diskusi publik dalam rangka penyusunan rencana penanggulangan bencana  daerah pada 15 kab/kota di Indonesia, termasuk Kabupaten Gowa yang tercatat sebagai kabupaten dengan kategori rawan bencana bertempat di rumah makan Pa’fi Seafood Jalan Usman Salengke No 108 Sungguminasa Jumat (9/9).

 

 

gowa2

 

 

gowa3

 

 

gowa1

 

 

Kepala Pelaksana Harian (Kalahar) BPBD Kab Gowa Drs Abd Latif HS mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan ketiga dari rangkaian pelaksanaan uji publik atas naskah yang telah disusun.

 

Berbagai indikator yang disajikan dalam pertemuan yang berlangsung sehari diikuti pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)  LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat/NGo tokoh masyarakat dan unsur akademisi telah memberikan kontribusi terhadap naskah yang akan ditindaklanjuti oleh pihak BNPB.

 

Pemandu dalam kegiatan ini, IKA  dari BNPB mengatakan dalam upaya kesiapsiagaan terhadap empat indikator dari anacaman bahaya di Kabupaten Gowa yaitu cuaca ektrim, epidemi/wabah penyakit,  gagal  tehnologi dan gagal panen

 

Hasil pertemuan para peserta menyusun  fokus prioritas yaitu penguatan kebijakan dan kelembagaan, pengkajian risiko dan perencanaan terpadu, pengembangan sistim informasi diklat dan logistik penanganan, tematik kawasan rawan bencana, peningkatan efektifitas pencegahan dan mitigasi bencana, kesiapsiagaan dan penanganan darurat bencana serta spesifikasi khusus.

 

Dari keempat indikator yang dihadapi Kabupaten Gowa saat ini berhasil dipetakan oleh peserta diskusi yang sangat antusias mengikuti pertemuan yang berlangsung sehari.

 

Penulis Naskah

H Syakhruddin DN  HP 081 24245938

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>