Pantai Lamaru Balikpapan Timur Provinsi Kalimantan Timur akan menjadi gelanggang pelaksanaan Bhakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (TANAGA) se-Indonesia tgl 15 s/d 18 September 2016.

Pare5 - Copy - Copy

 

MAKASSAR, 23/5 - SIMULASI TAGANA. Sejumlah Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengangkat perahu karet saat simulasi bencana pada Apel Siaga Bhakti Sosial Tagana Regional Tengah dan Timur di Lapangan Karebosi Makassar, Sulsel, Rabu (23/5). Apel siaga yang dihadiri langsung Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri tersebut, diikuti 22 provinsi se Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, Kementrian Sosial juga memberi bantuan Rp5,570 miliar untuk forum keserasian sosial pada 11 kabupaten/kota se Sulsel.  FOTO ANTARA/Yusran Uccang/12

Setiap provinsi akan mengirim 10 orang anggota TAGANA yang memiliki kemampuan di bidang shelter, dapur umum lapangan, water rescuq, kemampuan posko, advokasi sosial dan analistis logistik.

 

Kementerian Sosial sebagai pembina Tagana sudah menyiapkan hadiah untuk para pemenang I, II dan III serta berbagai hadiah hiburan lainnya

 

Bhaksos dan Jambore akan diikuti 1500 peserta Tagana se-Indonesia, termasuk Tagana dari luar negeri yang merupakan perwakilan tiga Negera Asean serta para Potensi Sumber Kesejahteraan   Sosial (PSKS) se Kalimantan Timur.

 

Bhaksos dan Jambore Tagana yang dilaksanakan setiap tahun, menjadi ajang pertemuan dan lomba bagi Tagana se-Indonesia sekaligus meningkatkan kemampuan dan kapasitas dalam penanganan bencana berbasis masyarakat

 

Tagana Sulsel yang dikoordinir Muhammad Hasbi Dg Beta pada Dinas Sosial Prov  Sulsel sudh melakukan berbagai pemantapan bagi peserta yang akan mewakili Sulsel, demikian halnya dengan peserta penggembira yang akan mengambil bagian aktif dalam kegiatan di Pantai Lamaru Balikpapan Timur.

 

Selain kegiatan Jambore para peserta juga mengikuti prosesi santiaji dan pengarahan  dari Direktur Jenderal Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial RI, DR Harry Hikmat dalam kapasitasnya selaku pembina Utama Tagana Indonesia.

 

Di Balikpapan pula akan diperdengarkan untuk pertama kalinya, hymne Tagana yang merupakan hasil seleksi dari Tagana se-Indonesia serta pengibaran bendera terbesar Tagana Indonesia yang diharapkan dapat tercatat dalam rekor Muri.

 

Para peserta dari berbagai provinsi selain membawa bendera Pataka Tagana juga membawa bendera provinsi masing-masing untuk dikibarkan selama pelaksanaan jambore berlangsung.

 

Pengirim Berita : H.Syakhruddin.DN  Koordinator Tagana Sulsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>