RAPAT PEMBAHASAN SAFARI ILMIAH

Rapat pembahasan tentang pelaksanaan Safari Ilmiah dan PPL Mahasiswa Semester VII Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (PMI/Kesos) berlangsung, Rabu (13/7) bertempat di ruang jurusan Kesos, dipimpin langsung Kajur Kesos, Dra.St.Aisyah.BM,M.Sos.I

adi3

adi2

Pada kesempatan tsb, Sekjur Kesos DR. Syamsuddin. AB memaparkan tentang rancangan pelaksanaan kegiatan Safari Ilmiah dan PPL di Bolongi Kecamatan Pattalassang.

Dikatakan, pembekalan tgl 25 s/d 30 Juli 2016 dengan pemateri Kajur, Sekjur dan para Praktisi Sosial. Acara akan diawali dengan pelepasan secara resmi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR H Abd Rasyid Masri, dilanjutkan dengan pembekalan kepada mahasiswa yang akan berangkat ke Pulau Bali dan Lombok termasuk yang akan ke PPL di Bolangi Kecamatan Pattalassang.

Sesuai dengan komitmen yang terjalin dengan Dinas Sosial Provinsi Bali, maka rombongan Safari Ilmiah akan disambut di Bandara Ngurah Rai Bali, selanjutnya menuju Dinas Sosial Provinsi Bali pada tanggal 1 Agustus 2016 Pukul 09.00 Wita.

Selanjutnya secara berturut-turut selama empat hari akan mengunjungi, Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) yang dikelola pihak Swasta dan PSTW Hidayatullah dan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Korban Narkoba di Pulau Bali, selanjutnya pada hari keempat menuju Pulau Lombok untuk melihat dari dekat tentang Panti Sosial Marshudi Putra (PSMP) dan kearifan sosial Suku Dayak di Lombok.

Berbagai instrumen yang telah disusun yang akan menjadi panduan umum dalam pelaksanaan safri ilmiah dan PPL di Bolangi, diantaranya, khusus untuk Dinas Sosial Provinsi Bali terkait dengan kebijakan dan strategi penanganan  PMKS, penajaman program dan masalah sosial yang menonjol di Pulau Bali serta penandatangan kerjasama antara pihak Dinas Sosial Provinsi Bali dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ditambahkan pula bahwa hingga saat ini, telah diterima melalui rekening, pembayaran untuk kegiatan safari ilmiah sebesar Rp 3,950 juta per-orang untuk waktu enam hari kerja dari 13 orang mahasiswa, sementara yang lainnya akan menyelesaikan dalam waktu dekat.

Para mahasiswa yang akan melakukan kegiatan safari ilmiah dan PPL di Kecamatan Pattalassang diharapkan sudah hadir semuanya pada tanggal 25 Juli 2016 di ruang LT untuk mengikuti acara pelepasan dan pembekalan dari para narasumber.

Terkait  dengan kegiatan PPL di Kecamatan Pattalassang khususnya pada Dusun Bollangi Desa Timbuseng, Mahasiswa disiapkan menangani permasalahan sosial diantaranya revitalisasi karang taruna, penyuluhan  tentang narkoba, pelatihan imam, pengembangan desa yang berketahanan sosial dan koordinasi dengan pihak KUA setempat yang terkait dengan “keluarga sakinah”

Mengingat karena pelaksanaan PPL di Kecamatan Pattalassang kebetulan dalam bulan agustus, maka para peserta diharapkan untuk memberikan dukungan dan partisipasinya dalam rangka mensukseskan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Setelah semua pelaksanaan kegiatan, baik itu PPL maupun safari ilmiah akan diakhiri dengan perampungan laporan akhir bersama para pembimbing di kota dingin “Malino”

penulis

h.syakhruddin.dn  hp 081 2424 5938

email : syakhruddin@gmail.com

 

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.