PPL KESOS DI PATTALASSANG

Pelaksanaan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) untuk semester VI Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (PMI/Kesos) telah disepakati ditempatkan pada Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa, waktu pelaksanaan kegiatan lapangan  tgl 10 Agustus mendatang.

 

 

ica1 - Copy

 

 

 

ica1

 

 

 

ica2 - Copy

 

 

ica2

 

 

 

ica3

 

Penjajakan ke lokasi PPL, Senin 11 Juli 2016  oleh tim yang dipimpin Ketua Jurusan PMI/Kesos, Dra.St.Aisyah.BM,M.Sos.I didampingi Sekretaris Jurusan, DR.Syamsuddin.AB,S.Ag,M.Pd dan para Praktisi Kesos, masing-masing Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si, Abd.Wahab Rahman,MM, Nuryadi Kadir,S.Sos,MA dan staf administrasi Suharyadi,SH.I  mengunjungi Dusun Sawagi Desa Pattalassang Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa.

 

Rencana pelaksanaan PPL bagi semester VI Jurusan Kesos di Kecamatan Pattalassang untuk mengakomodasi mereka  yang tidak ikut serta dalam Safari Ilmiah ke Pulau Bali dan Lombok yang dilaksanakan tanggal 1 s/d 6 Agustus 2016.

 

Hasil penjajakan disepakati,  lokasi yang dipersiapkan untuk Kecamatan Pattalassang yaitu, satu kelompok ditempatkan di Dusun Sawagi Desa Pattalassang dan satu kelompok lainnya di Dusun Bollangi Desa Timbuseng Kecamatan Pattalassang.

 

Dikatakan, untuk kelancaran proses penempatan, pihak perwakilan yang ada di Kecamatan Pattalassang mengharapkan segera menyurat kepada Bupati Gowa dan Camat Pattalassang untuk langkah-langkah pemantapan PPL bagi Semester VI Jurusan Kesejahteraan Sosial.

 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentransi Kesejahteraan Sosial (PMI/Kesos), berjanji untuk segera menindak lanjuti.

“Iya bu, kami akan menyurat segera”

Ini semua untuk kepentingan bersama dimasa yang akan datang.

 

Dikatakan,  sebagai perwakilan warga mengharapkan bilamana pihak PMI/Kesos akan  ditempatkan pada lokasi dimaksud, maka Mahasiswa dapat disiapkan dalam pembekalan yang terkait tentang “Pemantapan para Iman Mesjid se-Kecamatan Pattalassang”  katanya.

 

Adapun gambaran umum yang akan dilaksanakan para calon pekerja sosial di lokasi PPL,  diantaranya peningkatan pelatihan dakwah, peningkatan kapasitas para iman desa,  revitalisasi Karang Taruna dan ikut berpartisipasi dalam menyongsong perayaan 17 Agustus 2016.

 

Dalam perbincangan lepas dengan Penulis, salah seorang Tokoh di Pattalassang menjelaskan, bahwa saat ini ada pergeseran terhadap pembinaan generasi muda, sebahagian kalangan generasi muda dan anak-anak ikut “demam play stasion”.

 

Terkadang setelah selesai sholat langsung berdiri dan meninggalkan mesjid menuju tempat bermain game atau foto selfi di seputaran lapangan golf.  Terakhir dari informasi yang diperoleh dari para petani di sekitar persawahan lapangan golf, sering menemukan kaleng-kaleng “Lem Fox” yang sudah kosong.

 

Sementara daerah itu, sering banyak anak-anak sekolah dan warga sekitar yang ikut kongkow-kongkow disana.

Inilah sebahagian dari gambaran yang menjadi obyek praktek pengenalan lapangan (PPL) bagi jurusan kesejahteraan sosial pada UIN Alauddin Makassar dan selanjutnya akan lebih mendalami berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan yang membutuhkan kehadiran para calon pekerja sosial ditengah-tengah masyarakat`

 

Sementara itu di kawasan Bolangi dimana terdapat Rutan Narkoba, maka para calon pekerja sosial (social worker) dapat melakukan pengamatan dan assement di lokasi rumah tahanan bekerjasama dengan pihak rutan setempat, karena masalah narkoba merupakan salah satu komponen PMKS yang kini terus digalakkan penangannya baik pada tataran pencegahan, penindakan terlebih pada aspek rehabilitasi sosial, salamaki.

 

Penulis

H.Syakhruddin.DN  HP 081 2424 5838

Email  : syakhruddin@gmail.com

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>