Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Fakultas Dakwah dan Komunikaksi Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (PMI/Kessos), khususnya Mahsiswa pada semester enam tahun akademik 2015/2016, akan melaksanaan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) di Pulau Bali dan Lombok, awal bulan Agustus mendatang

Kegiatan PPL ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan kepada setiap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini menggunakan jasa travel, Cakrawala Timur Makassar. Rincian biaya transfortasi dan perlengkapan berupa baju seragam, spanduk, pulpen, makan-minum, transfortasi udara dan lokal termasul hotel, seluruhnya ditetapkan harga sebesar Rp 3.950.000,- per mahasiswa, sedangkan bagi mahasiswa yang tidak dapat mengikuti program PPL di luar provinsi diberikan kesempatan untuk melaksanakan PPL lokal di Kelurahan Bolangi Kabuaten Gowa.

Tingginya animo bagi mahasiswa Kessos melakukan kegiatan PPL di Pulau Dewata dan Pulau Lombok, sekaligus untuk menambah wawasan tentang penanganan penyandang masalah sosial pada dua kota wisata, Bali dan Lombok, selain itu dikandung maksud untuk aktifitas rekreasi dpada dua lokasi wisata yang telah mendapatkan pengakuan dunia.

Pelaksanaan PPL itu sendiri berlangsung selama satu bulan yang dibagi dalam empat kegiatan, mulai dari persiapan, pemantapan, pelaksanaan PPL dan pembuatan laporan serta seminar. Kegiatan ini dipandu langsung sekrtearis Jurusan Kessos dan dibantu para praktisi kessos yang selama ini menjadi dosen pada Jurusan Kesejahteraan Sosial.

Dengan selesainya kegiatan PPL  selanjutnya para mahasiswa akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata Terpadu yang dilaksanakan pihak universitas. langkah berikutnya, para mahasiswa mengikuti ujian skripsi, ujian komprenship lalu terakhir ujian tutup sebelum dinobatkan dalam suatu yudisum yang berlangsung di pihak fakultas dan terakhir adalah pelaksanaan wisuda yang merupakan puncak perjuangan sang mahasiswa.

Ketua Jurusan Kessos, Dra.St.Aisyah.BM,M.Sos.I didampingi Skeretaris Jurusan, DR.Syamsuddin, S.Ag,M.Pd dan para praktisi menegaskan, kegiatan ini tidak dipaksakan dan murni keinginan mahasiswa, karena itu jangan ada pandangan atau protes yang dilakukan dengan alasan kami memaksakan kehendak.

Oleh sebab itu, di Jurusan Kessos kalau ada hal-hal yang tidak terkomunikasi dengan baik, sampaikan kepada kami, karena Jurusan Kesos menyelesaikan masalah bukan mencari masalah dan berujung pada kegiatan demo yang menghambat perkuliahan, tuturnya.

Usai pertemuan di ruang Lecture Theater (LT) dilanjutkan dengan dialog antara Mahasiswa dengan Sekretaris Jurusan,  diakhiri dengan pendaftaran peserta yang dikoordinir langsung oleh Mahasiswa an. Nasrida Umar dan pada kesempatan pertama telah terdaftar sebanyak 23 Mahasiswa yang menyatakan diri siap untuk PPL di Pulau Bali dan Lombok bersama Travel Cakrawala Timur Makassar.

Penulis :

H.Syakhruddin.DN HP 081 2424 5938

email : syakhruddin@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>