Dalam bulan suci Ramadan 1437 H, banyak Ustaz yang melakukan tauziyah di berbagai mesjid maupun mushallah, ada yang menyampaikan dengan nada serius dilandasi ayat-ayat yang sahih, ada pula yang menyampaikan dengan retorika yang ringan, santai dan bahkan mengundang senyuman.

Di Mesjid Besar Al-Abrar Gunungsari Baru Makassar, salah seorang Ustaz menyampaikan materi dakwahnya dengan topik ada empat sifat manusia dalam kehidupan di mayapada ini.

Secara gamblang sang Ustaz menjelaskan :

  1. MANUSIA YANG SERBA ADA = jenis manusia yang semacam ini, dapat dikatakan kebutuhan hidupnya sudah terpenuhi, ada mobil dinas, ada rumah dinas dan mudah-mudahan katanya, tidak ada “Isteri Dinas” yang disambut dengan senyum oleh jamaah.
  2. MANUSIA APA ADANYA = Jenis manusia seperti ini, adalah gambaran seorang hamba yang pandai mensyukuri nikmat, dengan gaji atau pendapatan yang pas-pas namun mampu beribadah dan mensyukuri pemberian Allah kepadanya.
  3. MANUSIA YANG MENGADA-ADA = Profil manusia seperti ini, adalah manusia yang tidak pandai bersyukur. Melihat orang lain menggunakan HP Samsung yang baru, Ia pun bernafsu untuk memiliki walaupun penghasilan mereka tidak mencukupi, dan yang terakhir adalah
  4. MANUSIA YANG ADA-ADA SAJA, jenis manusia seperti ini dapat digambarkan sebagai seorang Kakek yang berusia 80 tahun namun masih menikah dengan gadis 17 tahun. Hasilnya dua hari kemudian terdengar kabar, kalau sang kakek sudah meninggal dunia ” ADA-ADA SAJA” ujarnya

Dari ceramah diatas, akhirnya kami kutip untuk mengisi blog syakhruddin dan menjadi sarana penyampai kepada para pembaca dimana saja berada, selamat melaksanakan ibadah puasa, semoga kita termasuk hamba yang pandai bersyukur, salamaki.

Penulis :

H.Syakhruddin. DN  HP 081 2424 5938

email : syakhruddin@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>