Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang dibina dan dikembangkan Kementerian Sosial RI dan berbasis masyarakat, dimaksudkan untuk menjawab tantangan zaman dan perubahan dari paradigma penanganan bencana dari prinsip responsif menjadi kesiapsiagaan.

 

F

 

 

lATIHAN11

 

 

lATIHAN5

 

 

lATIHAN7

 

 

lATIHAN2

 

TAGANA sebagai salah satu pilar terdepan dalam penanganan bencana, beranggotakan 33.000 relawan se-Indonesia, merupakan salah satu potensi masyarakat yang perlu terus ditumbuhkembahkan, sehingga harapan dari Menteri Sosial, agar satu jam setelah bencana terjadi, TAGANA sudah berada di lokasi.

Menjawab tantangan tersebut, maka institusi Sosial di masing-masing provinsi,kab/kota melakukan pembinaan secara berjenjang, mulai dari Tagana Mula, Tagana Madya dan Tagana Utama.

Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang mempunyai jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Kesejahteraan Sosial  (PMI/Kesos), dengan sendirinya memiliki tanggungjawab di bidang penanganan bencana, baik sebelum, saat dan sesudah bencana terjadi.

Sebagai tindak lanjut dari MoU (Momerandum of Understanding) antara Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, khususnya pada Jurusan Kesejahteraan Sosial maka dilakukan kegiatan pelatihan rutin Taruna Siaga Bencana (TAGANA) setiap hari Sabtu petang, bertempat di halaman Kampus FDK  bersama instruktur Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si

Pelatihan ini menjadi wajib bagi Mahasiswa Jurusan Kesos, karena selain menjadi bagian dari praktikum bidang penanganan bencana, sekaligus sarana untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam penanganan bencana berbasis kampus, terutama pada tataran “advokasi sosial” bagi korban bencana.

Dekan FDK, dr. Rasyid Masri menyambut baik kegiatan TAGANA yang secara rutin dilaksanakan setiap sabtu petang, “Kegiatan ini bernilai positif, selain untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang kebencanaan, sekaligus untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai seorang pekerja sosial yang handal.” tuturnya.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, diantaranya mengikuti Jambore Taruna Siaga Bencana di Banjarmasin, ikut serta dalam setiap pelatihan yang dilaksanakan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan  dan pada tahun ini, kegiatan Jambore Tagana, dilaksanakan di Kota Balikpapan dan Tagana Kompi UIN diharapkan dapat mengikuti kegiatan tersebut, ungkap Kajur Kesos, Dra.St.Aisyah.BM,S.Sos.I yang diamini Sekretaris Jurusan, Dr.Syamsuddin.AB.

Penulis : H.Syakhruddin.DN

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>