PRODI KESOS DIAMBANG PINTU

Selangkah lagi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi akan memiliki Prodi Kesejahteraan Sosial mandiri yang terpisah dari Prodi PMI Konsentrasi Kesos. Kalau selama ini, jurusan kesejahteraan sosial masih mendompleng pada Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial, maka dimasa mendatang akan berdiri sendiri di Kampus Bermartabat Jurusan Kesejahteraan Sosial.

Dr Ian3

Dr Ian2

Langkah itu ditempuh setelah melakukan kegiatan study banding yang sering diistilahkan dengan safari ilmiah ke UIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta dan Pusat Penelitian Kesejahteraan Sosial di Yogyakarta.

Dari hasil kunjungan tersebut, mengamanahkan kepada para dosen dan wakil dekan III yang memimpin safari ilmiah untuk memisahkan diri. Dengan demikian, jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) di satu sisi dan Jurusan Kesejahteraan Sosial (Kessos) disisi lain.

Sebagai tindak lanjut dari keseriusan pengurusan, hari ini, Senin 1 Februari 2016 Kementerian Agama RI di Jakarta, memberikan rekomendasikan kepada DR. Syamsuddin AB (Sekretaris Jurusan PMI/Kesos) untuk melanjutkan pengurusan administrasi pada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk segera membuka jurusan kesejahteraan sosial tahun 2016/2017 mendatang.

Tentunya apa yang ditempuh oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi bersama segenap jajarannya, patut diacungkan jempol dan ini menunjukkan bahwa keseriusan perguruan tinggi Islam untuk mengurus permasalahan sosial kemasyarakatan, perlu ditangani oleh orang-orang yang memiliki keterampilan profesional dibidangnya.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) sebagai salah satu lembaga yang mendirikan jurusan kesejahteraan sosial, membaca akan kebutuhan pemerintah dan masyarakat bahwa persoalan bangsa di bidang kesejahteraan sosial di masa kini dan masa mendatang sangat dibutuhkan.

Kepada DR. Syamsuddin AB alias DR. Ian yang telah menerima rekomendasi untuk segera menyelesaikan semua surat-surat dan dokumen pendukung guna mempercepat terbitnya surat keputusan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tentang Jurusan Kesejahteraan Sosial, salamaki.

Penulis,

Drs.H.Syakhruddin. DN,M.Si HP. 081 2424 5938 YC8HSY
email : syakhruddin@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *