Mahasiswa semester V jurusan kesejahteraan sosial pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM).

Minggu 10 Januari 2016 melakukan kegiatan studi lapang pada Pusat Pelayanan Sosial (PPS) Makkareso Maros di Bantimurung.psbr2

Psbr1

Rombongan sebanyak 52 orang, merupakan gabungan Jurusan Kesos A dan Kesos B, dilepas Ketua Jurusan, Dra.Sitti Aisyah.BM,S.Sos.I bertempat di halaman Kampus Bermartabat Samata Kabupaten Gowa.

Dalam arahannya, Sitti Aisyah yang akrab disapa “Bunda” oleh mahasiswa, mengaharapkan agar kegiatan studi lapang ini, sebagai kegiatan akhir dari mata kuliah, sekaligus menutup pertemuan ke-15 kali di ruang kelas dan selanjutnya sama-sama mandi-mandi di Bantimurung Kabupaten Maros.

Rombongan tiba di PSBR Maros, langsung diterima para pekerja sosial (Peksos) PSBR Makkareso, masing-masing, Bapak Suryadi, Titus Pasomba dan Syawal Agussentosa, kemudian diarahkan ke aula untuk mendapatkan pemahaman tentang peran dan fungsi PSBR Makkareso Maros.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Suryadi yang dua bulan mendatang akan memasuki masa purnatugas, mengucapkan selamat datang di PSBR Makkareso Maros, silakan melihat dari dekat tentang sarana yang tersedia disini, sekaligus kunjungan ke Sekolah Samsung hasil kerjasama antara PSBR Maros dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB).

Selain itu, Sdr. Titus Pasomba menjelaskan pula tentang syarat-syarat yang dapat diterima sebagai peserta latihan pada PSBR Maros sementara Syawal Agussentosa melakukan pemutaran film tentang proses pembinaan, mulai dari awal kedatangan sampai akhir pendidikan selama enam bulan di PSBR Makkareso Maros.

Pada kesempatan arahannya, Sekretaris Jurusan Kesos, DR.Syamsuddin.AB kepada mahasiswa mengemukakan, pihaknya kini, tengah mencanangkan untuk melakukan safari ilmiah ke tiga negara Asean, masing-masing Singapura, Thailand dan Malaysia.

Hal ini dimaksudkan, untuk memberikan pemahaman kepada para mahasiswa, tentang pekerjaan sosial internasional, sehingga peksos bukan saja sebagai proses pertolongan yang bersifat lokal kedaerahan melainkan bagaimana penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) berbasis internasional.
Usai pertemuan, dilanjutkan dengan mengelilingi kompleks PSBR Makassar Maros, memasuki ruang belajar “kelas samsung” lalu santap siang bersama kemudian menuju permandian alam Bantimurung.

Disana sudah lebih awal datang, Ketua Jurusan Kesos, Dra.Sitti Aisyah.BM,S.Sos beserta keluarganya dan menyiapkan gazebo untuk para mahasiswa.

Peluang tersebut, dimanfaatkanlah Ketua HMJ terpilih, Muhammad Supardi untuk pidato perdana dihadapan Ketua Jurusan, Dosen Pembimbing dan segenap anggotanya.

Supardi selain pidato perdana, hari ini merupakan hari ulang tahunnya yang ke-21, sehingga memberikan kesan semarak karena dirayakan oleh kawan-kawannya di lokasi permandian alam Bantimurung.

Hadir pada kesempatan tersebut, para dosen pembimbing masing-masing, Drs.Abdul Wahab Awing, Drs.Nuryadin,M.Si Adhy Casanova dan penanggungjawab mata kuliah, Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si

Puncak acara dilakukan kegiatan mandi-mandi di kawasan Bantimurung. Mengingat kondisi cuaca mulai hujan maka para peserta kembali berkumpul di gazebo Bantimurung.

Selanjutnya pulang ke kampus dalam kondisi hujan lebat, namun memasuki perbatasan Kota Makassar, hujan berhenti dan kondisi cuaca sangat bersahabat, salamaki

Penulis,
H.Syakhruddin.DN HP. 081 2424 5938
email : syakhruddin@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>