Mahasiswa semester VII Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial, melaksanakan kegiatan Praktikum Makro di Kecamatan Tinggi Moncong Malino, tanggal 12 s/d 13 Desember 2015.

mALINO1

mALINO2

Rombongan dilepas Kajur Kesos, Dra.St.Aisyah.BM,S.Sos.I dihalaman kampus UINAM, Sabtu 12 Des 2015. Sebanyak 50 Mahasiswa ditambah pendamping masing-masing, Sekretaris Jurusan Dr.Syamsuddin.AB, Nuryadin, Suharyadi, Mirwan dan Komandan Tagana, Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si menuju Malino dalam kondisi cuaca yang berpluktuasi antara panas dan hujan dalam perjalanan.

Tiba di Malino disambut Sdr. Muhlis Moed,S.Km,Ch,Cht dan ditempatkan dirumah keluarganya, Ny.H.Amir Katili yang telah menyiapkan dua buah rumah untuk menampung anggota rombongan serta menyiapkan makan minum selama berada di lokasi.

Kegiatan di Kecamatan Tinggi Moncong, diawali dengan penerimaan secara resmi, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tinggi Moncong, diwakili Bapak Bohari dari Seksi Penyuluhan Agama Islam dan Ibu Nurhayati beserta staf.

Usai acara yang digagas dalam bentuk kegiatan praktikum makro, pada malam harinya dilakukan pembahasan laporan dari enam kelompok safari ilmiah, masing-masing tiga dari lokasi praktikum di Yogyakarta dan tiga laporan dari lokasi PPL di Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan berlangsung sampai larut malam, terlebih dengan kehadiran Bapak Muhlis Moed,S.Km yang memberikan materi tentang hipnoterapy sebagai bekal kepada semua Mahasiswa jurusan kesos.

Usai pemberian materi dilanjutkan dengan pendalaman dan renungan malam, untuk semua Mahasiswa dan pesan-pesan untuk penguatan, membuat sebahagian mahasiswa meneteskan airmata, karena mungkin ini merupakan kegiatan terakhir, diluar kampus selama kuliah di UIN Makassar.

Namun Sekjur Dr.Syamsuddin.AB, membantahnya dan mengatakan, ini bukan kegiatan terakhir, karena masih ada kelanjutan berupa, studi banding keluar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Thailand dalam rangka pengembangan wawasan di bidang Pekerjaan Sosial Internasional.

Safari ilmiah di luar negeri nantinya akan mengunjungi kampus-kampus yang memiliki jurusan kesejahteraan sosial, bahkan untuk kepentingan tersebut, sudah melakukan koordinasi dan kontak langsung ke University di Malaysia, tuturnya.

Setelah melalui rangkaian kegiatan hingga larut malam, keesokan harinya dilanjutkan dengan rekreasi ke lokasi Air Terjun “Ketemu Jodoh” untuk melihat dari dekat, tentang air terjun yang jatuh dari ketinggian dengan dua kali pantulan airnya,

sehingga membuat suasana terasa sangat romantis, di kawasan hutan yang pernah dilanda bencana alama beberapa tahun silam dalam kaitannya dengan kasus kaldera Bawakaraeng.

Usai acara rekreasi, kembali ke rumah H.Amin Katili untuk sholat dhuhur dan santap siang, selanjutnya kembali ke Makassar, setelah menyempatkan diri untuk berbelanja di Pasar Malino Tinggi Moncong, salamaki.

Penulis,
H.Syakhruddin.DN HP 081 2424 5938
Email : syakhruddin@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>