Suasana Desa SANJAI Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, menjadi ramai selama tiga hari, tanggal 20 s/d 22 November 2015, sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) oleh Bupati Sinjai Bapak Sabirin, disaksikan Anggota Forum Komunikasi Pemkab Sinjai, pimpinan SKPD, warga masyarakat dabn segenap anggota Tagana dari 13 kab/kota se-Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos) Dinas Sosial Prov.Sulsel. Drs.Sabaruddin,MM didampingi kasi Pemulihan, H.Muhammad Hasbi,S.Sos Dg Beta mengatakan, serangkaian dengan pelaksanaan kegiatan KSB di Kabupaten Sinjai, dilaksanakan pula sosialiasai tentang Kampung Siaga Bencana dengan Narasumber Bapak Joni Pasomba dari Kementerian Sosial RI.

Acara KSB ditandai dengan kegiatan perkemahan, pelibatan dapur umum lapangan, pemberian tali asih kepada anggota Tagana dan puncak acara pada hari Minggu 22 November 2015, dilaksanakan Apel Siaga Tagana dan Simulasi Penanggulangan Bencana dibawah koordinasi para Instruktur Tagana yang telah mengikuti pendidikan di Sentul Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Sosial Prov. Sulsel diwakili Sekretaris Bapak Drs.Andi Patriot Haruni mengatakan permohonan maaf karena Bapak Kadis Sosial, DR.H.Andi Ilham A.Gazaling tidak sempat hadir, mengingat pada saat yang bersamaan ada kegiatan di Kabupaten Luwu Utara, tempat dimana beliau dipercayakan Gubernur Sulsel sebagai Penjabat Bupati Lutra.

Pelaksanaan simulasi dengan Narator, Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si bersama para crew yang dikoordinir Muhlis Moed, dkk menampilkan tentang pelaksaanaan musibah banjir bandang dengan pelaku utama adalah masyarakat utusan dari berbagai desa di Kecamatan Sinjai Timur.

Camat Sinjai Timur dan Kadis Sosial Sinjai, menyambut baik dengan ditetapkannya Kecamatan Sinjai Timur sebagai lokasi pelaksanaan Kampung Siaga Bencana (KSB) seraya berharap agar musibah banjir terjadi didaerahnya, namun kesiapsiagaan warga, itu harus menjadi prioritas utama, tutur Kadis Sosial Sinjai yang bertekad menyiapkan anggaran untuk melatih Tagana Muda se-Kabupaten Sinjai.

Hadir pada kesempatan tersebut, Dandim Sinjai, Kapolres, Kepala BPBD, Ketua Bappeda, Dra.Hj.Ratnawati Arief,M.Si dan undangan lainnya yang memenuhi tribune undangan.

Usai acara para peserta kembali ke daerah masing-masing dengan menggunakan armada TRC (mobil Renjer) dan truk yang sudah ditempatkan pada kabupaten / Dinas Sosial Kab/Kota se-Sulawesi Selatan, salamaki.

Penulis,

Syakhruddin.DN HP 081 2424 5938
Email : syakhruddin@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>